PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

BPKAD Sosialisasikan Pedoman Penyusunan RKA SKPD/PPKD 2020

Pemerintahan    1 tahun yang lalu   
   621 Kali

Sumber Foto: sosialiasasi tentang pedoman penyusunan RKA SKPD/PPKD 2020 yang dibuka oleh Sekda Kukar H Sunggono

TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sosialisasikan Surat Edaran Kepala Daerah tentang pedoman penyusunan Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah/Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (RKA-SKPD/PPKD) tahun anggaran 2020.

Sosialisasi yang dibuka Sekretaris Daerah Kukar H Sunggono itu digelar di aula Bappeda Kukar, Tenggarong, Selasa (29/10). Diikuti unsur TAPD, Kepala Organiasi Perangkat Daerah (OPD), Camat hingga Kepala Bagian Penyusunan Program Kukar. Dengan narasumber adalah Plt Kepala BPKAD Sukoco.

Panitia acara itu H Hairun mengatakan, tujuan sosialisasi itu untuk menyamakan persepsi bagi jajaran OPD se Kukar untuk mengimplementasikan surat edaran tersebut.  Juga untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam proses penyusunan RKA SKPD/PPKD tahun anggaran 2020, dimana tahun akan datang tidak ada lagi belanja langsung atau tidak langsung, karena ada perubahan struktur belanja, maka ada empat belanja yaitu belanja operasi, belanja modal, belanja tak terduga, dan belanja transfer.

"Tahun 2020 ini kita perisapkan pembenahan struktur yang baru tersebut. Jadi 2020 ini adalah masa transisi untuk persiapan perubahan belanja yang akan dimuali 2021," ujar Hairun.

Sementara Sekda Kukar H Sunggono mengajak hadirin untuk membangun komitmen bersama guna melakukan yang terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah yang diawali dengan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), mengingat APBD sebagai salah satu instrumen penting dalam menggerakkan perekonomian derah maupun nasional.

Kemudian dikatakan Sunggono dalam Surat Edaran Kepala Daerah tentang Pedoman Penyusunan RKA SKPD/PPKD 2020 perlu dilakukan sinkronisasi antara kebijakan Pemerintah dengan Pemerintah Daerah, yang didasarkan pada beberapa prinsip.
Diantaranya, yaitu berpdoman pada  Rencana Kerja Pemerintah (RKP), Rencana Kerja Prioritas Daerah (RKPD), Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).  

Kemudian, sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan kemampuan pendapatan daerah. Tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan peraturan perundangan yang lebih tinggi. Tepat waktu, sesuai dengan tahapan dan jadwal dalam peraturan perundangan.
Selanjutnya, transparan untuk memudahkan masyarakat mengetahui dan mendapatkan akses informasi tentan APBD. Partisipatif, dengan melibatkan masyarakat, dan tertib pada ketentuan, efisien, efektif, bertanggung jawab dengan memperhatikan keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat.

"Dengan demikian penyusunan RKA SKPD/PPKD tahun 2020 sejalan dengan kebijakan program daerah dan nasional, sehingga terjadi sinergi dan sinkronisasi anatara perekonomian daerah dan nasional," ujarnya.  

Untuk itu Sunggono berpesan kepada seluruh peserta agar memanfaatkan kesempatan itu dengan baik, dan jika ada hal yang perlu disampaikan kepada narasumber agar dimanfaatkan melalui sosialisasi tersebut. (medsi09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini96 pengunjung
Minggu Ini1.112 pengunjung
Bulan Ini4.797 pengunjung
Total Pengunjung75.389 pengunjung
Total Klik1.979.239 Kali