PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

BPMPD Suluh UMKMK

Pemerintahan    7 tahun yang lalu   
   1215 Kali

Sumber Foto: Kasi PMD Muara Jawa Jemain (kanan) didampingi Kabid Kerjasama dan Perlayanan BPMPD Kukar Haris Indrianto (tengah) saat pembukaan penyuluhan UMKMK.(joe)

TENGGARONG – Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kutai Kartanegara terus melakukan penetrasi ke berbagai kecamatan. Misalnya  belum lama ini melakukan penyuluhan sekaligus memfasilitasi Kerjasama Kemitraan antara investor dengan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) di Kecamatan Muara Jawa.

Penyuluhan yang berlangsung sehari ini dibuka Camat   diwakili Kepala Seksi Pemberdayaan  Masyarakat  Desa (PMD)  Kecamatan Muara Jawa Jemain. Dihadiri Kepala BPMPD diwakili stafnya yaitu Kepala Bidang Kerjasama dan Pelayanan Haris Indrianto. Di ikuti para pelaku UMKMK di 3  Kecamatan yaitu Muara Jawa, Sangasanga dan Samboja  yang berjumlah sekitar 23 orang. Kabid Kerjasama dan Pelayanan BPMPD Kukar Haris Indrianto mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini selain memberikan penyuluhan tentang kiat kiat UMKMK menggandeng inverstor atau pengusaha besar dalam mengembangankan usahanya. “Juga memfasilitasi jika ada UMKMK yang ingin menggandeng investor atau sebaliknya investor ingin bermitra dengan UMKMK,” ujarnya. Menurutnya kunci dari kemitraan diawali dengan inventarisasi masalah baik yang diinginkan ivnvestor maupun pelaku UMKMK sendiri. Diakui Haris Indrianto selama ini kemitraan antara investor dengan UMKMK jumlahnya belum banyak. Misalnya yang terealisasi dalam usaha jasa penyediaan makanan atau katering untuk karyawan perusahaan.   

Sementara Kasi BMD Kecamatan Muara Jawa Jemain menyambut baik kegiatan penyuluhan  bagi pelaku UMKMK  di 3 kecamatan. “Tentunya melalui kegiatan ini para pelaku UMKMK bisa menemukan celah atau peluang agar bias bermitra dengan investor,” ujarnya. Menurutnya selama ini pelaku UMKMK selain kurang memiliki pengalaman dalam mengembangkan usahanya juga masih menemui kendala  mengakses kemitraan berusaha dengan investor. Padahal menurutnya peluang kemitraan berusaha  mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Melalui berbagai kemudahan yang diatur dalam peraturan pemerintah maupun perundang undangan yang berlaku. Diharapkan penyuluhan ini mampu menambah wawasan pelaku UMKMK. “Sehingga pemberdayaan usaha mikro atau kecil semakin tumbuh berkembangan menjadi pelaku usaha besar,” demikian ujarnya. Pemateri dalam kegiatan ini adalah sejumlah pejabat di internal BPMPD Kukar.(hms-DI01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini35 pengunjung
Minggu Ini1.043 pengunjung
Bulan Ini4.768 pengunjung
Total Pengunjung75.497 pengunjung
Total Klik1.981.856 Kali