PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Awali HUT Kota Tenggarong Dengan Ziarah ke Makam Aji Imbut

Pemerintahan    10 tahun yang lalu   
   2683 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Rita Wiyasari menyampaikan sambutan di hadapan Sultan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta tamu undangan yang hadir

 
Tenggarong – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kota Tengarong ke – 230 tahun, yang jatuh pada tanggal 28  September 2012 Bupati Kutai Kartanegra (Kukar) Rita Widyasari dan Sultan Salehudin II beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan Kepala SKPD di Lingkup Pemkab Kukar, melakukan ziarah ke makam pendiri kota Tenggarong dan para kesultanan Kutai Ing Martadipura yang berada di komplek pemakaman kesultanan Kutai Ing Martdipura samping musium mulawarman, Jum’at (28/9).
Sejarah mencatat pada tanggal 28 September 1782 atau 230 tahun silam, Aji Imbut bergelar Sultan Aji Muhammad Muslihuddin memindahkan Ibukota Kesultanan Kutai Kartanegara dari pemarangan ke tepian pandan atau yang berarti rumah raja. Tangga Arung telah tumbuh dan berkembang seiring perjalanan sejarahnya yang kini dikenal dengan nama Tenggarong, bukti historis telah mencatat baik berupa bukti prasasti dan catatan sejarah bahwa ditanah antah-berantah ini dahulu kala telah berdiri sebuah peradaban besar dan ikut membangun bangsa dan negara yang besar ini. Kembalinya kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura adalah sebagai wujud Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dalam melestarikan warisan sejarah dan budaya kerajaan kutai sebagai kerajaan tertua di Indonesia.
 
Dalam sambutannya Rita menghimbau dalam rangka memperingati HUT kota Tenggarong ke 230 tahun mari jadikan kegiatan in  sebuah Refleksi yang harus menjadi perhatian serta menjadi catatan bagi kita semua sejauh mana kita telah berbuat, seberapa banyak kita berbuat bagi masyarakat, evaluasi apa yang telah kita lakukan terhadap masalah pembangunan dan sejumlah tantangan apa yang telah kita sikapi menghadapi semua harapan dan realitas untuk menjawab semua pembangunan dari, oleh dan untuk rakyat Kukar. Dalam hal ini, pemerintah tentu tidak sendiri, perlu dukungan dan peran aktif semua pemangku kepentingan, baik itu pihak swasta dan kelompok masyarakat  pada semua tingkatan, dan termasuk dukungan kesultananan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. “Pelaksanaan ziarah yang kita laksankan saat ini merupakan momen yang sangat penting bagi kita semua untuk selalu mengingat sekaligus penyemangat dalam membangun kabupaten yang tercinta ini,” ujar Rita.
 
Ia juga menambahkan Insya Allah tahun depan Pemkab Kukar akan segera melakukan pembangunan beberapa item-item penting yang diantaranya pemindahan pemukiman penduduk yang berada di daerah Tanjung, pembangunan mall, pembangunan bandara, dan pelebaran jalan serta pembangunan dua jembatan penghubung antara Tenggarong dan Tenggarong Seberang. (robby_hmp12)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini134 pengunjung
Minggu Ini2.433 pengunjung
Bulan Ini9.924 pengunjung
Total Pengunjung252.032 pengunjung
Total Klik11.662.161 Kali