PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Sampaikan Aspirasi di Komisi V DPR RI

Pemerintahan    7 tahun yang lalu   
   857 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Rita Widyasari saat menyampaikan tujuan dan keinginan Pemkab Kukar atas pembangunan dan peningkatan jalan poros Loa Janan- Tenggarong di Komisi V DPR-RI.

JAKARTA– Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi agenda utama Pemkab Kukar saat ini.   Bupati Kukar Rita Widyasari dan Wabup Kukar H M Ghufron Yusuf mengajak seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kukar mengadakan pertemuan dengan Komisi V DPR RI. Hadir dalam pertemuan tersebut Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Sultan Salehudin II dan jajarannya, serta kepala SKPD terkait, di Ruang Sidang Komisi V DPR RI, pada Selasa (22/10).

Bupati Kukar Rita Widyasari  menyampaikan rasa berterima kasih atas diterimanya rombongan Pemkab Kukar di Komisi V DPR RI ini.   Sebagai kepala daerah ia pun menjelaskan tujuan kedatangan rombongan Pemkab kukar ke Komisi V yaitu untuk menyampaiakan aspirasi pembangunan infrastruktur di wilayah Kukar salah satunya adalah jalan poros yang menghubungkan Kecamatan Loa Janan ke Kota Tenggarong.   “Jalan tersebut merupakan gerbang utama untuk memasuki Kota Tenggaarong, namun saat ini keadaannya sangat memprihantinkan, banyaknya lubang – lubang  besar dan kecilnya yang membuat kemacetan mengular hingga antar kecamatan,” ujar Rita saat menyampaikan aspirasinya.

Secara angka tidak dipungkiri bahwa saat ini Kabupaten Kukar merupakan kabupaten terkaya di Indonesia namun setelah melihat kaondisi jalan masuk ke Tenggarong, keadaan itu jelas sirna.  Selama ini Pemkab Kukar bukan tidak mau berupaya memperbaiki jalan tersebut namun status kepemilikian jalan tersebut yang bukan milik pemerintah daerah menjadi kendala dalam pembangunannya. Jika dihitung-hitung dalam kurun waktu 20 tahun jalan tersebut belum pernah tersentuh pembangunan maupun peningkatan oleh pemerintah pusat, sedangkan jalan tersebut saat ini bukan hanya digunakan oleh masyarakat Kukar namun juga digunakan oleh masyarakat Kabupaten Kutai Barat. “Untuk itu kedatangan kami ke sini memohon kepada pemerintah pusat untuk meminta peningkatan dan pembangunan jalan poros Loa Janan – Tenggarong,  karena jika dihitung dengan jumlah PAD per/tahun Kabupaten Kukar untuk pusat, tentu tidak seberapa besar jumlahnya dengan membangun jalan yang panjangnya hanya 27 km saja,” jelas Rita lebih lanjut.

Mendengar aspirasi tersebut Ketua Komisi V DPR RI Laurens Bahang Dama menanggapi pembangunan jalan poros Loa Janan – Tenggarong merupakan jalan nasional dan harus mendapat perhatian serius oleh pemerintah pusat.   Diakuinya bahwa pada tahun ini jalan poros Loa Janan – Tenggarong  mendapat alokasi dari pemerintah pusat hanya sekitar 5 km, mengingat fokus pembangunan pemerintah pusat di wilayah Kabupaten Kukar bukan hanya  pada jalan saja namun termasuk jembatan Loa Kulu.  Namun sebagai Ketua Komisi V DPR RI ia akan memperjuangkan aspirasi pembangunan jalan poros Loa Janan – Tenggarong ini  kepada pemerintah pusat, sehingga pada tahun 2014 alokasi pembiyaan pembangunan jalan tersebut dari 5 km menjadi 27 km dan ditingkatkan menjadi jalan kelas 2. “Akses transportasi jalan dan  udara merupakan hal penting atas kemajuan suatu daerah,  keinginan Pemkab Kukar tersebut akan kami perjuangkan ke pemerintah pusat agar segera teralisisai pada tahun 2014,” janjinya. (robby_hmp06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini48 pengunjung
Minggu Ini1.056 pengunjung
Bulan Ini4.624 pengunjung
Total Pengunjung74.905 pengunjung
Total Klik1.964.367 Kali