PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Terima Kunjungan Lemhanas RI

Pemerintahan    3 tahun yang lalu   
   327 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Edi Damansyah saat Penyerahan cenderamata.

TENGGARONG –Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menerima kunjungan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, dalam rangka Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPSA) XXII tahun 2019, Selasa (27/8) di Pendopo Odah Etam, Tenggarong. Gubernur Lemhanas yang diwakili Prof Dr Njaju Jenny M.TH  yang juga tenaga pengajar Bidang Sosbud Lemhanas RI mengatakan, SSDN adalah metode pembelajaran dengan melakukaan peninjauan langsung ke daerah ( provinsi dan Kabupaten/kota) baik ke pemerintahannya, tokoh dan para pemangku kepentingan lainnya serta objek/produk unggulan dari suatu daerah/provinsi di Indonesia. 

Para peserta SSDN sebagai kader pimpinan tingkat nasional diharapkan akan memiliki kepekaan terhadap spesifikasi dan kearifan lokal suatu wilayah yang merupakan bagian integral dari Negera Kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan wawasan kebangsaan, mendapat gambaran tentang kondisi ketahanan nasional serta mengetahui lebih dekat tentang progress pembangunan nasional di daerah / propinsi yang dikunjungi.

Dikatakannya, tujuan dan maksud kunjungan 27 peserta SSDN itu selain meningkatkan silaturahmi sekaligus memberikan gambaran bagi penyelenggara dan peserta dalam penyelenggaraan SSDN PPSA tahun 2019, sekaligus pedoman bagi penyelenggara peserta PPSA XXII Tahun 2019 dan mendapatkan kesamaan langkah agar SSDN dapat terlaksana sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai.

Adapun sasaran SSDN yaitu terlaksananya kunjungan studi masing - masing peserta PPSA lemhanas RI untuk mengkonfirmasi dan menemukan pokok - pokok persoalan sesuai topik permasalahan, berdasarkan isu - isu strategis yang ada di lokus masing - masing. Sehingga siperoleh data dan fakta obyektif mengenai pokok – pokok  persoalan yang mempengaruhi kondisi ketahanan dan pelaksanaan pembangunan nasional didaerah, guna dijadikaan sebagai bahan masukan dalam menyusun tulisan oleh masing - masing peserta, sebagai suatu bentuk pemenuhan tugas dan tanggung jawab selaku kader pimpinan tingkat nasional.

Sementara itu, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengucapkan selamat datang, kemudian memaparkan sekilas tentang kondisi Kabupaten Kutai Kartanegara yang terdiri dari 193 Desa/kelurahan, 18 kecamatan serta memaparkan visi dan misi Gerbang Raja Tahap kedua. Edi mengatakan Pemkab Kukar terus berupaya mensejahterakan masyarakat, salah satunya dengan upaya mengentaskan kemiskinan. Pemkab Kukar telah melakukan langkah-langkah strategis dengan menyusun program pengentasan kemiskinan dalam skema sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. "Oleh karenanya program penanggulangan kemiskinan harus dapat disusun secara terintegrasi dengan pelibatan masyarakat secara aktif, mengingat permasalahan kemiskinan bukan hanya terkait dengan masalah ekonomi, namun juga bagian dari permasalahan sosial dan budaya masyarakat," ujarnya.

Dalam upaya menjaga keberlanjutan pembangunan daerah, Pemkab Kukar akan menciptakan struktur ekonomi yang kuat, dalam konteks karakteristik wilayah kabupaten, kekuatan sektor pertanian merupakan ciri umum suatu daerah yang memiliki potensi sumber daya lahan dan air yang cukup melimpah, dan Kutai Kartanegara memiliki potensi tersebut. "Sedangkakan reformasi birokrasi secara umum telah kita jalankan dengan baik, namun demikian hasil reformasi birokrasi yang kita lakukan harus dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, oleh karenanya peningkatan kompetensi dan kualitas layanan birokrasi menjadi fokus yang harus kita lakukan pembenahan secara sistematis dan terstruktur," ujarnya.

Acara kunjungan silaturahmi peserta Lemhanas RI studi strategis dalam negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPSA) XXII Tahun 2019 ditandai dengan diskusi atau tanya jawab yang dipandu oleh Sekda Kukar Sunggono. Hadir pada acara itu Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar serta kepala OPD dilingkungan Pemkab Kukar. (Medsi 04)

 

 

 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini214 pengunjung
Minggu Ini2.465 pengunjung
Bulan Ini10.185 pengunjung
Total Pengunjung253.199 pengunjung
Total Klik11.725.815 Kali