PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bursa Inovasi Desa Solusi Bagi Masalah Desa

Pemerintahan    2 tahun yang lalu   
   344 Kali

Sumber Foto: Kadis PMD Kutai Kartanegara Adinur saat memberikan dokumen pembelajaran Inovasi desa kepada salah satu peserta.

TENGGARONG -Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kutai Kartanegara (Kukar) Adinur membuka Bursa Inovasi Desa Kabupaten Kutai Kartanegara di lapangan Tenis komplek perkantoran DPRD Kabupaten Kukar, Selasa (30/10). Dalam acara tersebut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Moh Jauhar Efendi dan Ketua PKK Kabupaten Kutai Kartanegara Maslianawati Edi Darmansyah.

Kadis PMD Kukar Adinur mengatakan dalam rangka memacu gerak langkah percepatan pembangunan desa, pemerintah meluncurkan Program Inovasi Desa (PID) dengan harapan program ini dapat memberikan suntikan baik motivasi maupun realisasi dalam melengkapi desain kerangka pembangunan yang sudah berjalan. Program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa yang lebih berkualitas dan strategis dalam rangka untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan banyak referensi dan inovasi, terutama inovasi pembangunan desa sekaligus merevitaliasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi desa, baik dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar, maupun infrastruktur desa.

Berkenaan dengan kegiatan saat itu, yaitu penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa (BID), ia menjelaskan BID merupakan salah satu kegiatan dari PID. “BID ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan dan penyebarluasan kegiatan inovatif antar desa secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif, dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat,”kata Adinur.

Menurutnya pemerintah desa dan masyarakat perlu diberikan langkah-langkah nyata guna mempercepat proses pemahaman dan pelaksanaan pembangunan desa, salah satu langkah nyata adalah dengan pola inovasi kegiatan, praktik-praktik cerdas atau pengetahuan dalam investasi dana di desa dan kegiatan-kegitan lain dalam pembangunan desa yang diharapkan tumbuh dari inisiatif masyarakat dan pemerintah desa itu sendiri.

“Saya berharap pelaksanaan BID ini dapat memberikan motivasi dan inovasi baru bagi desa, untuk berpartisipasi dalam proses menggali dan memanfaatkan potensi yang ada di desa,”harapnya. Pada kesempatan itu, Adinur meminta kepada tokoh-tokoh masyarakat untuk terus mengembangkan daerahnya masing-masing dengan cara terus terlibat dalam proses pembangunan sejak awal yaitu dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

"Mari bangun desa sejahtera dengan tetap menjaga rasa kebersamaan, mempererat tali persaudaraan, turut aktif menjaga iklim kondusif dan toleransi, tidak mudah terprovokasi, serta tetap memegang teguh persatuan dan kesatuan agar Kabupaten Kutai Kartanegara semakin maju, makmur dan sejahtera"imbuhnya lagi
Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Moh Jauhar Efendi mengatakan BID merupakan kegiatan positif yang memungkinkan terjadinya tukar menukar informasi terkait inovasi dan kreasi masyarakat yang berkembang di desa masing-masing.

BID dianggap penting dilaksanakan dalam rangka mewujudkan desa mandiri, karena pelaksanaannya mengedepankan prinsip ATM atau amati, tiru, modifikasi terhadap keberhasilan setiap daerah memajukan daerahnya. “Diharapkan kepala desa, badan permusyawaratan desa (BPD) semakin semangat lagi berinovasi melaksanakan pembangunan desa beserta penyelesaian kendala yang menjadi hambatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa" harap Jauhar lagi (medsi03)*


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini83 pengunjung
Minggu Ini1.099 pengunjung
Bulan Ini4.784 pengunjung
Total Pengunjung75.376 pengunjung
Total Klik1.978.998 Kali