PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Capai Pengelolaan Keuangan Berkualitas Dengan Disiplin dan Komiten

Pemerintahan    1 tahun yang lalu   
   138 Kali

Sumber Foto: Sekda Kukar H Sunggono saat membuka sosialisasikan Surat Edaran Kepala Daerah tentang pedoman penyusunan RKA-SKPD/PPKD.

TENGGARONG -Guna mencapai pengelolaan keuangan yang berkualitas sesuai ketentuan perundangan yang ada, diperlukan disiplin dan komitmen bersama semua pihak terkait Surat Edaran Kepala Daerah tentang pedoman penyusunan Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah/Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (RKA-SKPD/PPKD) tahun anggaran 2020,di aula Bappeda Kukar, Tenggarong, Selasa (29/10).

Oleh karena itu, menurut Sunggono diperlukan sistem pengendalian intern yang memadai yang dapat dipertanggungjawabkan, serta peran dan fungsi pengawasan DPRD juga berpengaruh terhadap kinerja pengelolaan daerah. Indikator utama untuk mengukur kualitas pengelolaan keuangan daerah adalah ketepatan penyelesaian APBD, tingginya serapan APBD, ketepatan penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), kualitas opini pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan perbaikan atas Indeks Persepsi Korupsi (IPK). "Komitmen tersebut mulai dari perencanaan, penganggaran, pengelolaan, pelaksanaan, serta pertanggungjawabannya," ujar Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara H Sunggono, saat membuka sosialisasikan 

Sunggono mengatakan, penetapan APBD Kukar 2019 sudah sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Upaya pembenahan dilakukan baik dari aspek pengelolaan keuangan maupun kinerja organisasi ini dapat dilihat atas kerja keras dan komitmen bersama, yakni Pemkab Kukar meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Kaltim atas laporan pengelolaan keuangan 2018 yang diterima 2019 ini. "Ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan di lingkungan Pemkab Kukar semakin baik," ujarnya.

Pada kesempatan itu Sunggono mengingatkan dalam perencanaan dan pelaksanaan APBD, agar dilakasanakan dengan sungguh-sungguh dan selalu berdasarkan aturan. Acara itu diikuti unsur TAPD, Kepala Organiasi Perangkat Daerah (OPD), Camat hingga Kepala Bagian Penyusunan Program Kukar. (medsi01)*


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini90 pengunjung
Minggu Ini1.106 pengunjung
Bulan Ini4.791 pengunjung
Total Pengunjung75.383 pengunjung
Total Klik1.979.097 Kali