PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Danrem 091/ASN Buka TNI Manunggal KB Kesehatan di Tenggarong Seberang

Pemerintahan    1 tahun yang lalu   
   199 Kali

Sumber Foto: Setkab Kukar H Sunggono saat menyerahkan peralatan pelayanan kepada prajurit TNI .

TENGGARONG -Komandan Resort Militer 091 Aji Suryanata Kesuma (ASN) Brigjen TNI Widi Prasetijono, membuka kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan ( TMKK ) Provinsi Kaltim di Halaman Koramil 0906-14 Tenggarong Seberang, Desa Manunggal Jaya, Rabu (26/6).

Kegiatan ini merupakan Program kerjasama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat dengan TNI baik di tingkat pusat maupun daerah. Widi Prasetijono mengatakan melalui kegiatan bakti sosial TNI KB Kesehatan perlu dilakukan dalam rangka mensosialisasikan secara luas program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga. "Tujuannya adalah untuk membantu pemerintah dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk agar dapat seimbang dengan ketersedian pangan dan energi," katanya.

Dikatakannya, penduduk merupakan aset penting suatu bangsa, karena penduduk akan sangat menentukan maju mundurnya suatu bangsa. Oleh karena itu aspek kuantitas dan kualitas suatu penduduk harus menjadi perhatian yang serius bagi pemerintah. Saat ini, Bangsa Indonesia telah mengalami peningkatan jumlah penduduk yang luar biasa, namun tidak diimbangi oleh ketersediaan daya dukung yang memadai.

Sehingga menurutnya keadaan ini, apabila terus dibiarkan tentu akan berdampak pada timbulnya beberapa permasalahan bangsa seperti rendahnya kualitas pendidikan, tingkat kesehatan yang buruk, melemahnya ekonomi keluarga, pola pengasuhan anak dalam keluarga semakin tidak berkualitas, kemiskinan, pengangguran dan yang paling dikhawatirkan adalah terjadinya krisis pangan yang akan berdampak pada melemahnya ketahanan bangsa.

Maka dikatakannya malalui pelayanan KB Kesehatan yang dilaksanakan di Kecamatan Tenggarong Sebarang, sebagai pertanda dimulainya suatu kontribusi pengabdian BKKBN Provinsi Kaltim dan Korem 091/ASN serta mitra kerja BKKBN untuk membangun kependudukan di wilayah Kaltim, agar tumbuh seiring dengan daya dukung yang tersedia, sehingga masyarakat Kaltim sebagai bagian dari Bangsa Indonesia secara keseluruhan akan menjadi bangsa yang kuat sejahtera adil dan makmur.

Brigjend Widi juga mengatakan dalam menyukseskan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, TNI melaksanakan program pendampingan KB - kesehatan dengan sasaran komando kewilayahan ( Kodim ) yang dalam pelaksanaannya kepada seluruh prajurit yang selama ini telah membantu dan menjalin kerjasama yang baik dengan jajaran BKKBN di Kaltim.

Sementara itu Bupati Kukar Edi Damansyah dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Sunggono mengucapkan terima kasih kepada Korem 091 /ASN, BKKBN Provinsi Kaltim yang telah menetapkan Kukar menjadi lokasi kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan Provinsi Kaltim Tahun 2019. Pemkab Kukar juga sangat berkomitmen terhadap pembangunan sumber daya manusia sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten. Pemkab Kukar juga menyadari bahwa sumber daya manusia merupakan modal dasar pembangunan yang memiliki peran yang sangat strategis sebagai penggerak pembangunan, oleh karenanya pembangunan sumber daya manusia dilaksanakan secara terintegrasi oleh semua sektor.

Dikatakannya, Pemerintah daerah sangat mengapresiasi upaya positif yang dilakukan TNI. Jika kita menengok sejarah maka kesuksesan bangsa Indonesia dalam program pengendalian penduduk dan KB juga tidak lepas dari peran aktif TNI. "Semoga keterpaduan seperti nini tetap terus diagendakan dimasa – Masaya yang akan datang dalam upaya membangun masyarakat yang sehar dan sejahtera," harapnya. Sunggono selanjutnya mendampingi Danrem 091 ASN beserta rombongan melakukan peninjauan pelayanan KB kesehatan. ( Medsi 04 )


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini75 pengunjung
Minggu Ini1.104 pengunjung
Bulan Ini4.709 pengunjung
Total Pengunjung75.203 pengunjung
Total Klik1.974.569 Kali