PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Dinas Sosial Bagikan Sembako Bagi Lansia

Pemerintahan    12 tahun yang lalu   
Noviyanto Rahmadi    1026 Kali

Sumber Foto:

Selain kemiskinan, kenaikan harga BBM juga berdampak pada peningkatan angka pengangguran karena banyaknya industri yang tidak mampu mendapatkan profit sehingga harus melakukan PHK. Karena itu dalam rangka untuk memberikan perhatian dan bantuan kepada kaum fakir miskin ini serta sekaligus menyambut bulan suci Ramadan 1429 H, Badan Amil Zakat (BAZ) Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar Program Food for Work yang akan dimulai pekan ini hingga menjelang usai Ramadan.

Menurut Ketua BAZ Kukar Drs HAM Alimuddin Mandu,MM saat  ditemui usai memimpin rapat persiapan pelaksanaan Food for Work Rabu (3/9) kemarin menjelaskan, Food for Work adalah program pemberian pekerjaan bagi fakir miskin sebanyak 200 orang untuk membersihkan sarana ibadah seperti Masjid dan Langgar dengan upah berupa bahan pokok (sembako)  dan dalam bentuk uang, agar bisa dimanfaatkan secara optimal untuk mencukupi kebutuhan keluarga miskin .

Pelaksanaannya Food for Work menurut Alimuddin, pihaknya  bekerjasama atau bersinergi dengan BAZ Nasional (BAZNAS) dan untuk membiayai kegiatan ini telah dialokasikan dana sekitar Rp 100 juta, murni diambil dari Infaq dan sadaqah yang terkumpul di BAZ Kukar.

 â€œ Kegiatan Food for Work ini untuk menumbuhkan etos kerja dan membangun mental mandiri dikalangan penduduk miskin. Juga membangun partisipasi masyarakat untuk memelihara dan bertanggungjawab  terhadap fasilitas umum serta kenyamanan dalam menjalankan ibadah dibulan penuh berkah ini “ terang Alimuddin.

Dijelaskan lagi, sebaran sasaran kegiatan Food for Work di Kukar sebanyak 20 Masjid dan Langgar yang tersebar di 10 desa/kelurahan pinggiran yakni Loa Tebu, Spontan, Loa Lepu, Bukit Biru, Loa Raya, Ponoragan, Rapak Lambur, Loa Ipuh Darat dan Bukit Raya. 

Sementara itu prosedur pelaksanaan program dibagi dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok rata-rata terdiri dari 10 orang yang menangani satu lokasi. Mengenai upah direncanakan senilai Rp 300 ribu perorang. 

Hingga kini persiapan yang telah dilakukan adalah pembentukan Tim kerja, menjalin koordinasi dengan Kepala Desa/Lurah, observasi lapangan, pengadaan bahan-bahan seperti cat, baju kaos, spanduk,paket sembako, alat-alat kebersihan dan lain-lain. ( Hmp 21)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini22 pengunjung
Minggu Ini1.073 pengunjung
Bulan Ini4.203 pengunjung
Total Pengunjung68.687 pengunjung
Total Klik1.766.284 Kali