PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Dinas Sosial Kukar Gelar Sosialisasi Sistem SLRT

Pemerintahan    2 tahun yang lalu   
   692 Kali

Sumber Foto: Kadis Sosial Didi Ramyadi menyampaikan masalah kesejahteraan sosial merupakan hal yang mendesak memerlukan langkah – langkah dan pendekatan yang sistimatis terpadu serta menyeluruh.

TENGGARONG –Dinas Sosial Kutai Kartanegara menggelar Sosialisasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Pukesos), di Aula kantor Bappeda Lantai II, yang dibuka Kadis Sosial Didi Ramyadi, Rabu (31/10/2018). Membacakan sambutan Plt Bupati Kukar, Kadis Sosial Didi Ramyadi menyampaikan masalah kesejahteraan sosial merupakan hal yang mendesak memerlukan langkah – langkah dan pendekatan yang sistimatis terpadu serta menyeluruh. Upaya pelayanan dan penanganan terhadap masalah kesejahteraan sosial semestinya dapat dilaksanakan secara efektif, efesien, fokus dan terpadu sehingga hasil yang diperoleh tepat guna.

Dibacakannya, pada akhir tahun 2013, kementrian sosial dan Bappenas bersama Pemerintah Daerah menggagas upaya peningkatan sistem layanan sosial melalui Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk perlindungan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan. Uji coba pertama kali dilakukan di 5 kabupaten meliputi Kab Bantaeng, Sragen, Sleman, Sukabumi dan Belitung Timur.

Secara umum hasil ujicoba tersebut menunjukkan adanya peningkatan dalam keterpaduan dan keberlanjutan dalam penanganan masalah sosial dan penanggulangan kemiskinan. Hasil ujicoba ini selanjutnya menjadi salah satu pertimbangan sehingga dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2015- 2019, Sistem Layanan Terpadu dan Rujukan Terpadu (SLRT) telah ditetapkan sebagai salah satu sasaran di Bidang Pemerataan dan Penanggulangan Kemiskinan.

Pelaksanaan SLRT didaerah diharapkan dapat membantu percepatan pencapain tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya dalam upaya perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan. “Oleh karenanya Sosialisasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) menjadi upaya penting dalam menyebarluaskan informasi tentang upaya perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan,” ujarnya.

Sementara itu Aji Abdul Majid Kasi Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kukar membacakan sambutan Kadis Sosial mengatakan, dengan pelaksanaan SLRT diharapkan terjadi peningkatan akses rumah tangga/ keluarga miskin dan rentan terhadap multi program /layanan dalam perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan. Selain itu juga diharapkan terjadi peningkatan integrasi berbagai layanan sosial didaerah, sehingga fungsi layanan tersebut menjadi lebih responsif.

Melalui pelaksanaan fungsi pemutahiran data penerima manfaat secara dinamis yang dilaksanakan oleh fasilitator di tingkat Desa/Kelurahan. “Diharapkan SLRT dapat membantu menyajikan data penerima manfaat secara dinamis dan akurat,“ katanya. Majid berharap Sosialisasi ini disamping untuk menyampaikan informasi tentang apa dan bagaimana SLRT dan Puskesos dilaksanakan untuk perlindungan Sosial dan penanggulangan kemiskinan, juga untuk meningkatkan integrasi pelayanan dari berbagai pihak yang berkepentingan dengan penaggulangan kemiskinan.

“Dengan demikian masyarakat miskin dan rentan dapat mengakses program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan secara lebih mudah dan murah," pungkasnya. Sosialisasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) diikuti dari Dinas terkait, camat dan kasi kesra serta TKSK kecamatan menghadirkan nara sumber dari Tehnical Assistan SLRT Kukar dengan materi yang disampaikan berupa paparan, tanya jawab dan diskusi. (Yuliati-Medsi03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini736 pengunjung
Bulan Ini4.430 pengunjung
Total Pengunjung79.185 pengunjung
Total Klik2.117.568 Kali