PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Diskencana Data Pemilih Tambahan

Pemerintahan    13 tahun yang lalu   
Noviyanto Rahmadi    1199 Kali

Sumber Foto:

Menurut Plt Bupati Kukar Drs. H. Samsuri Aspar MM, menaggapai Pendapatan Daerah tahun 2008 yang mencapai Rp5.598.700.867.190,37,- mengatakan pendapatan tersebut sangat luar biasa, dimana beberapa waktu lalu telah saya kemukaan melalui Nota Keungan RAPBD mengenai Kebijakan Umum APBD tahun 2008.
Drs. H. Samsuri Aspar MM kemarin  menyebutkan beberapa kebijakan umum pendapatan daerah diantaranya, upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) serta optimalisasi pendapatan dari dana perimbangan antara pemerintah pusat dan daerah melalui kebijakan peningkatan penerimaan pajak dan retribusi daerah melalui intensifikasi, menggali obyek penerimaan baru di luar pajak dan retribusi daerah, sehingga menetapkan prakiraan pendapatan daerah dari pendapatan asli daerah (pajak, retribusi, hasil pengelolaan kekayaan dan lain-lain pendapatan asli daerah, dana perimbangan (dana hasil pajak, bagi hasil bukan pajak/sumber daya alam, dana alokasi khusus/DAK) dan lain pendapatan daerah yang sah (hibah dana darurat, dana hasil pajak, dana penyesuain dan otonomi khusus, serta bantuan keuangan dari provinsi). Melalui perhitungan yang cermat menurutnya, telah ditindak lanjuti dengan konsultasi yang insentif dengan pemerintah pusat, membangun infrastruktur yang mengarah pada pertumbuhan ekonomi secara makro.
Drs. H. Samsuri Aspar MM kembali menjelaskan, selain kebijakan umum pendapatan daerah juga menyangkut kebijakan umum belanja daerah yang diserahkan untuk melaksanakan program/ kegiatan yang belum terealisasi pada tahun sebelumnya, dan masih menjadi prioritas pembangunan daerah, program/kegiatan prioritas hasil musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dengan menerapkan fungsi relokasi dan distribusi pengeluaran anggaran yang tepat melalui kebijakan.  Selanjutnya kebijakan umum pembiayaan daerah adalah untuk menutup selisih antara pembiayaan penerimaan dan pembiayaan pengeluaran dalam satu periode akutansi serta untuk membentuk modal pemerintah guna mendorong terciptanya likuiditas keuangan daerah. “Disamping itu untuk lebih mendukung pelaksanaan pembangunan secara adil dan merata, serta pencapaian visi pemerintah daerah, maka prioritas pembangunan ditahun 2008 meliputi peningkatan kapasitas dan pelayanan publik, memacu pertumbuhan dan pemerataan ekonomi, meningkatkan pembangunan teritorial, kelompok program penunjang pencapaian strategi diantaranya bidang perencanaan pembangunan daerah, penelitian dan pengembangan, kependudukan dan catatan sipil, politik, komunikasi dan informatika, energi dan sumber daya mineral, transmigrasi, perumahan, lingkungan hidup, sosial pemuda dan olahraga, kehutanan dan perhubungan,”. Papar Samsuri. (hmp15).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini76 pengunjung
Minggu Ini1.092 pengunjung
Bulan Ini4.777 pengunjung
Total Pengunjung75.369 pengunjung
Total Klik1.978.879 Kali