PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

DPRD Setujui Tiga Raperda Menjadi Perda

Pemerintahan    8 tahun yang lalu   
   1497 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG, Rapat Paripurna ke 9, Dewan Perwakilan Daerah (DPRD)  Kutai Kartanegara (Kukar) yang mengagendakan laporan pansus dan persetujuan DPRD terhadap 4 buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pemkab Kukar, di gelar di ruang serba guna Bappeda, Senin (23/7) Kemaren. Rapat yang dihadiri Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf, 40 anggota DPRD,para assisten, para kepala SKPD, Unsur FKPD, tokoh masyarakat, kalangan media dan mahasiswa tersebut di buka oleh Ketua DPRD Kukar Awang Yacoub Luthman, yang didampingi unsur pimpinan DPRD Kukar.

Awang Yacoub mengatakan ke empat raperda tersebut meliputi : Raperda Perlindungan Sumber Daya Ikan, raperda Pengelolaan usaha industri, raperda pengelolaan dan pembinaan pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern serta raperda penyertaan  modal. Setelah membacakan tata tertib rapat dan urutan acara sidang Awang mempersilahkan kepada juru bicara masing - masing  raperda untuk menyampaikan pandangan serta pendapatnya, "Untuk itu kepada  juru bicara masing - masing pansus kami persilahkan untuk menyampaikan laporannya" ujar Awang

Dari hasil laporan masing - masing pansus ke 4 raperda tersebut, pada prinsipnya ke 3 raperda dapat disetujui dan disahkan menjadi peraturan daerah (perda), yakni Raperda Perlindungan Sumber Daya Ikan, Raperda Pengelolaan Usaha industri, Raperda Pengelolaan dan Pembinaan Pasar Tradisional dan Pusat Perbelanjaan Modern,  namun untuk Raperda Penyertaan Modal ditolak.
 
Menurut Sekretaris Pansus Raperda Penyertaan Modal Khairil Anwar Efendi jika Raperda ini disahkan riskan masalah hukum, apalagi setelah ditelusuri keperusahaan yang mendapatkan penyertaan modal, ada yang tak mengakui adanya saham, "Lagi pula raperda ini peninggalan DPRD lama, harusnya Raperda ini disahkan anggota DPRD lama, bukan anggota DPRD sekarang" terang politisi PKS ini

Sementara itu Bupati Kukar Rita Widyasari dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati HM.Ghufron Yusuf mengatakan pemerintah daerah harus mampu melihat peluang yang bisa mendukung perkembangan didaerahnya, terutama pada sektor - sektor yang bisa meningkatkan laju perekonomian masyarakatnya. "Sejalan dengan itu sudah seharusnya pengelolaan dan pemanfaatan sektor - sektor tersebut kita atur secara jelas sesuai peraturan yang berlaku, sehingga mampu menjamin kelangsungan serta kelestariannya" tegas Rita.

Pada kesempatan tersebut Rita juga menyampaikan penghargaan kepada panitia khusus DPRD yang telah melakukan penyusunan maupun pembahasan hingga disetujui dan ditetapkannya beberapa raperda menjadi perda, "Untuk itu saya selaku pribadi dan kepala daerah mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi - tinginya kepada pansus khususnya dan semua pihak yang telah berkerja keras dalam penyusunan raperda ini" Pungkasnya. (HMP 12)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini45 pengunjung
Minggu Ini1.053 pengunjung
Bulan Ini4.778 pengunjung
Total Pengunjung75.507 pengunjung
Total Klik1.982.130 Kali