PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

DRD Gelar Seminar Pangan

Pemerintahan    6 tahun yang lalu   
   1118 Kali

Sumber Foto: Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Wisaksono Subagio saat membuka seminar nasional.(joe)

TENGGARONG – Sektor pertanian masih menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi di Kutai Kartanegara. Sehingga pendapatan sebagian besar warganya masih sangat tergantung pada sektor pertnian, dengan melibatkan 40 persen dari tenaga kerja yang tersedia.

Hal tersebut diungkap Bupati Kukar disampaikan staf ahlinya bidang pembangunan Wisaksono Subagio  pada pembukaan seminar nasional Kebijakan Pengelolaan Lingkungan Menuju Pencapaian Kedaulatan Pangan Rabu (29/10) di Tenggarong. Seminar sehari yang digelar Dewan Riset Daerah Kukar ini menghadirkan 4 narasumber dengan moderator Aji Sofian dari Unmul Samarinda. 2 pembicara dari Kukar yaitu Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) dan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLH). Materi BKPP Kukar di seminar ini disampaikan Yovia yang mengetengahkan Kebijakan Pemkab dalam pembangunan pertanian menuju kedaulatan pangan.

Sedang dari BLHD disampaikan Kepala Bidangnya Dr Idris Syam yang mengetengahkan masalah Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan di Kukar. Sedang dari  pembicara tamu adalah Dr Satyanto Sunito dari Institut Pertanian Bogor dan mantan Meteri Pertanian RI Prof Dr Bungaran Saragih. Menurut Kepala DRD Kukar Dr Ince Raden seminar diikuti 220 peserta terdiri  Kepala Desa dan Camat yang wilayahnya memiliki potensi pertanian, para kepala SKPD serta penyuluh pertanian se Kukar. Bertujuan untuk mendapatkan masukan, untuk dijadikan bahan merumuskan konsep dan solusi mensinergikan pengelolaan lingkungan dengan masalah pertanian tanaman pangan.

“Agar kedaulatan pangan tercapai di daerah ini,” ujarnya.  Dikatakan Bupati kntribusi sektor pertanian terhadap PDRB tahun ini hanya memberikan sumbangan sekitar 16 – 17 % terhadap perekonomian daerah. Hal ini mengindikasikan bahwa pengelolaan sumberdaya pada sektor pertanian dibanding dengan sektor lain belum optimal. “Penyebabnya adalah permasalahan lingkungan tempat tumbuh tanam yang banyak dialih fungsikan untuk kegiatan di luar sektor pertanian,” ujarnya. Seperti pertambangan batubara, pemukiman hingga industri. Kegiatan di luar pertanian itu menurut Bupati juga memberikan dampak terhadap tingginya laju degradasi atau penurunan mutu lahan,” demikian katanya.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini736 pengunjung
Bulan Ini4.430 pengunjung
Total Pengunjung79.185 pengunjung
Total Klik2.117.362 Kali