PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Edi Damansyah Lantik 3 BPD Dalam Wilayah Kecamatan Muara Kaman

Pemerintahan    5 tahun yang lalu   
   862 Kali

Sumber Foto: Wabup Kukar Edi Damansyah saat mengambil sumpah jabatan dan melantikan BPD Lebaho Ulak, Bukit Jering dan Liang Buaya Kecamatan Muara Kaman

TENGGARONG – Setiap anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus mengerti dan memahami kedudukan tugas, fungsi, hak dan kewajibannya,  serta memiliki sikap tegas dalam menghadapi masalah yang ada di desa. Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah pada pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Anggota BPD Desa Lebaho Ulak, Desa Bukit Jering dan Desa Liang Buaya Kecamatan Muara Kaman Priode 2016 s/d 2022, berlangsung di BPU Desa Lebaho Ulak Kecamatan Muara Kaman.Selasa (26/7)

Menurut Wabup Kukar pengurus BPD juga harus memiliki kemampuan untuk  menyusun dan melaksanakan  program-program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan, bukan kegiatan yang hanya berdasarkan pada keinginan segelintir orang saja. sebaiknya program tersebut disusun melalui Musayawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), sehingga dengan program yang tepat sasaran seperti memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan ekonomi lokal desa, selanjutnya pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan, makapembangunan di pedesaan akan berjalan sebagaimana mestinya sehingga predikat desa mandiri akan tercapai. 

“Saya berharap agar pengurus BPD  bersama  kepala desa mampu bekerja sama untuk membahas dan menetapkan peraturan desa, berperan aktif, berinisiatif, menyerap dan  menyalurkan aspirasi masyarakat. Saya  meminta dalam menyusun program desa juga melibatkan masyarakat,” ujar Edi Damansyah

Lebih lanjut dikatakannya kedudukan BPD bukan berada dibawah perintah kepala  desa, tetapi sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa, BPD adalah lembaga yang berdiri sendiri, sejajar dalam menjalankan fungsi pemerintahan dengan kepala desa. Untuk itu, ia berharap keberadaan BPD bisa sinergi bersama  masyarakat.

Pada kesempatan itu,  ia juga menghimbau kepada seluruh jajaran pemerintahan desa, anggota BPD, dan  masyarakat desa, untuk terus menjaga wilayahnya agar tetap kondusif. Dijelaskannya menjaga keamanan dan ketertiban bukan hanya tugas pemerintah dan pihak keamanan saja, namun menjadi tugas seluruh masyarakat Kabupaten Kukar.

“Terus jaga tata sosial kemasyarakatan yang sudah baik dan terbangun di Kukar, baik ditingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten. Bangun suasana ketertiban dan kepekaan lingkungan, apabila ada tetangga baru disebelah rumah hendaknya didatangi, hal ini untuk mencegah hal–hal yang tidak kita inginkan bersama, dan apabila menemui hal–hal yang mencurigakan segera laporkan kepada pihak – pihak yang berwajib, “ ujar Edi Damansyah mengingatkan. (hmp04).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini85 pengunjung
Minggu Ini1.268 pengunjung
Bulan Ini5.489 pengunjung
Total Pengunjung102.755 pengunjung
Total Klik2.708.673 Kali