PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Edi serahkan 1 Unit Mobil Damkar di Desa Sebulu Modern

Pemerintahan    3 tahun yang lalu   
   455 Kali

Sumber Foto: Wakil Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah yang didampingi oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penangulangan Bencana Marsidik dan Camat sebulu Muhvfijar saat melihat pendemontrasian mobil damkar. (jpg6)

TENGGARONG -Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) untuk Desa Sebulu Modern yang diterima Camat sebulu Muchfijar di Kantor Desa Sebulu Modern Kecamatan Sebulu, Kamis(31/8). Mobil damkar tersebut berasal dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penangulangan Bencana (PKPB) Kabupaten Kukar dengan kapasitas 5.000 liter air.
 
Turut hadir pada penyerahan tersebut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penangulangan Bencana (PKPB) Kukar Marsidik. Wabup Kukar Edi Damansyah mengatakan bahwa penyerahan mobil damkar tersebut merupakan upaya pemerintah daerah dalam melakukan penanggulangan bencana, khususnya kebakaran yang sering terjadi di Kecamatan Sebulu. “Saya meminta mobil damkar tersebut nantinya dapat diletakkan ditengah-tengah kawasan pemukiman masyarakat atau  dikawasan-kawasan padat penduduk , dan juga dikawasan hutan lindung atau pun kawasan perkebunan yang rentan dengan bahaya kebakaran, “ ujar Edi.
 
Terkait tentang keberadaan mobil damkar tersebut, menurutnya harus dilengkapi juga sarana dan prasarana, termasuk petugasnya yaitu Barisan Relawan Kebakaran (Balakar). “Alhamdulillah disini petugas Balakarnya sudah terbentuk dan Saya memberikan penghargaan yang tinggi kepada petugas Balakar Desa Sebulu Modern atas kerjasamanya dalam mengamankan wilayahnya. Rawat mobil damkar tersebut dengan baik, ” imbuh Edi. 
Pada kesempatan itu, Edi juga meminta kepada seluruh dunia usaha,  untuk  juga melakukan sinergisitas, karena peran aktif dunia usaha sangat diperlukan demi menjaga keamanan wilayah dari bencana,  khususnya kebakaran. Menurutnya pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, untuk itulah perlunya sinergisitas semua lini, khususnya dunia usaha agar terbentuk penguatan baik dari sarana prasarana maupun SDM. “Selalu waspada terhadap bahaya kebakaran dan para relawan juga harus terus memberikan arahan kepada masyarakat bagaimana penanganan kebakaran yang benar,” imbuhnya.
 
Sementara itu Kepala Dinas PKPB Kukar Marsidik mengatakan bahwa mobil damkar tersebut telah dibeli pada tahun 2013 yang lalu, dan diperuntukan untuk Kecamatan Sebulu, namun karena terkendala pada kesiapan Pos penanggulangan bencana dan juga personil yang akan mengopasikan unit tersebut, sehingga baru sekarang diserahkan. “Saat ini, petugas Balakar  Desa Sebulu Modern sudah siap untuk mengoprasikan, memelihara, serta membiayai oprasional mobil damkar ini,” kata Marsidik. Pada saat penyerahan Marsidik juga membawa tim yang siap mengajarkan Balakar untuk mengoprasikan unit yang baru diserahkan  tersebut.(Yuliati-Medsi03)
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini46 pengunjung
Minggu Ini1.054 pengunjung
Bulan Ini4.779 pengunjung
Total Pengunjung75.508 pengunjung
Total Klik1.982.153 Kali