PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Enam Program Disiapkan Untuk Tekan Kemiskinan

Pemerintahan    9 tahun yang lalu   
   924 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG - Dalam upaya menekan kemiskinan di Kutai Kartanegra (Kukar) , Pemerintah kabupaten telah mencanangkan beberapa program prioritas.

Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kukar HM Ghufron Yusuf melalui Asisten II Setkab KUkar Edi Damansyah mengatakan bahwa  program-program tersebut yaitu program Desa Mandiri, Bedah Rumah, Kredit UMKM, kredit pemberdayaan ekonomi perempuan, dan pengembangan industri berbasis tanaman pangan, serta efektifitas program Alokasi Dana Desa.

"Dari enam program unggulan tersebut, diharapkan pada tahun-tahun mendatang dapat mempercepat penurunan angka kemiskinan lebih signifikan," ujar Edi pada pembukaan rapat TKPK, Selasa (27/12) kemarin di ruang rapat Bada Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar lantai II, Tenggarong.

Guna mengevaluasi program-program penanggulangan kemiskinan yang telah dilaksanakan, Edi mengatakan hendaknya data penduduk miskin dimutakhirkan secara seksama dan berkelanjutan. Karena semua program yang dilaksanakan berangkat dari data yang valid sehingga upaya penanggulangan kemiskinan lebih tepat sasaran.

Menurutnya, berbagai program yang telah dilaksanakan TKPK telah menurunkan angka kemiskinan. Hal tersebut terlihat dari data SUSENAS BPS selama lima tahun terakhir. Yaitu angka kemiskinan Kukar tahun 2006 sekitar 73 ribu jiwa, kemudian tahun 2007 menjadi 63 ribu jiwa. Lalu pada 2008 angka tersebut turun lagi menjadi 48 ribu jiwa,hingga 2009 menjadi sekitar 42 ribu jiwa.

Namun 2010, angka tersebut menjadi 54 ribu jiwa. Dijelaskannnya angka kemiskinan yang tampak naik dari 2009 ke 2010, menurut penjelasan BPS bahwa angka kenaikan tersebut belum menggambarkan kenaikan angka sesuangguhnya yang terjadi dilapangan. Tetapi hal itu disebabkan oleh faktor teknis survey BPS, antara lain perbedaan data dasar total penduduk, dimana pada 2010 berdasarkan sensus penduduk, sedangkan 2009 hanya berdasarkan angka proyeksi penduduk.

"Hal demikian juga terjadi pada kabupaten/kota lainnya di Kaltim," paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa TKPK mempunyai peran strategis dalam mensinkronisasi dan mengintegrasikan berbagai program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan. Oleh karena itu diharapkan dukungan Pemkab dan seluruh SKPD, unsur perguruan tinggi, mayarakat maupun dunia usaha untuk keberhasilan TKPK.

"Semoga dengan bekerja keras dan menyatukan langkah nyata kita dapat terus menekan kemiskinan, sesuai dengan tujuan pembangunan milenium  yaitu angka kemiskinan dibawah lima persen pada 2015," harapnya.(adv/hmp03)   

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini87 pengunjung
Minggu Ini1.097 pengunjung
Bulan Ini4.648 pengunjung
Total Pengunjung75.049 pengunjung
Total Klik1.970.253 Kali