PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Gali Potensi Kecamatan Sesuai dengan Karakteristik Wilayah

Pemerintahan    9 tahun yang lalu   
   1504 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG- Rapat  rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2012 pada Kamis (29/03) di Ruang Serbaguna Kantor  Bappeda Kukar dipimpin oleh Assisten III Setkab. Kukar M Safruddin HS. Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Kutai kartanegara HM. Ghufron Yusuf.Dalam pengarahanya  Wakil Bupati Kutai Kartanegara HM. Ghufron Yusuf meminta kepada seluruh  SKPD untuk menyesuaikan program dengan potensi wilayah kecamatan. Pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) harus sesuai dengan potensi kewilayahan.  “Katakanlah dikecamatan tertentu dimana  potensi  sektor perikanan yang lebih unggul  maka dinas perikananlah yang harus banyak berperan,” ujarnya.
Hal ini dimaksudkan untuk  memanfaatkan sumber daya alam semaksimal mungkin.Sekarang ini tambahnya, hal yang harus diperhatikan adalah masalah eks tambang yang belum diolah secara maksimal. Pemda melalui SKPD harus jeli, walaupun secara resmi belum diserahkan kepada pemda tetapi pemerintah dapat memberikan pelatihan bagi para pemuda tani setempat untuk dapat mengembangkan  area eks tambang tersebut.Saat ini eks tambang hanya di biarkan menjadi danau terbuka, bila diolah dan dimanfaatkan dapat menjadi lahan usaha yang menguntungkan.  ”Para pemuda tani di area eks tambang dapat diberi pelatihan untuk pengembangan keramba terapung,” imbuh Ghufron memberi contoh.
Selain itu jika di sekitar tambang juga terdapat sektor pertanian maka Dinas Tanaman Pangan dapat membatu dan memberikan pelatihan kepada pemuda tani untuk meningkatkan SDM dikecamatan dan dapat memanfaatkan sumber daya alam sahingga tak salah gunakan ataupun terlantar.“Bangunlah potensi kecamatan sesuai dengan karakteristik kecamatan tersebut oleh masing-masing SKPD terkait,” pinta Ghufron.Ghufron juga menjelaskan  bahwa Infrastruktur merupakan hal utama dalam pembangunan.  Utamakan jalan dari ibukota kecamatan ke ibukota kabupaten dan selanjutnya antar ibukota kecamatan ke ibu kecamatan yang lain.
Ia sangat berharap jalan lintas Kecamatan Loa janan – Tenggarong bisa menjadi 2 jalur untuk mempermudah masyarakat khususnya masyarakat pesisir untuk dapat berkoordinasi ke kabupaten sehingga tak terjebak dengan jalan penghubung yang sekarang ini dirasakan sudah terlalu padat. (hmp09)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini92 pengunjung
Minggu Ini1.102 pengunjung
Bulan Ini4.653 pengunjung
Total Pengunjung75.054 pengunjung
Total Klik1.970.344 Kali