PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

HUT Kota Tenggarong, Pj Bupati Ziarah ke Makam Aji Imbut

Pemerintahan    5 tahun yang lalu   
   1100 Kali

Sumber Foto: Pj Bupati Kukar Chairil Anwar, melakukan tabur bunga dan menyiramkan air diatas makam aji imbut.

TENGGARONG - Dirgahayu kota Tenggarong ke-233, Senin (28/9), ditandai dengan acara ziarah dan tabur bunga di makam Aji Imbut bergelar Sultan Muhammad Muslihuddin, Raja ke-15 Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura (1780-1816) yang juga pendiri "Kota Raja" Tenggarong. Makam Aji Imbut yang mendirikan Tenggarong pada 28 September 1782 silam, terletak di kompleks pemakaman Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Sebelah Museum Mulawarman Tenggarong.
 
Ziarah tersebut dilakukan langsung oleh Pj Bupati Kukar  Chairil Anwar SH M.hum bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, putra mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat beserta kerabat lainnya, dan sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah serta hadir pula mantan Wabup Kukar periode 2010-2015 HM Ghufron Yusuf dan mantan Sekda Kutai Syahrial Setia. Sebelum ziarah, acara diawali dengan pembacaan riwayat singkat berdirinya Kota Raja oleh Sekcam Tenggarong H Basran.
 
Usai memanjatkaan do`a dilakukan peletakan Bunga Lompo (karangan bunga berbentuk persegi panjang yang terbuat dari anyaman pandan yang dihiasi beraneka bunga) diatas pusara Aji Imbut, oleh Pj Bupati Kukar Chairil Anwar dan putra mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat, Ketua DPRD Kukar Salehuddin S Fil, dan Dandim 0906 Tenggarong Letkol Ari. 
 
Kemudian selain Aji Imbut, makam para Sultan lainnya yang berada di kompleks tersebut juga diziarahi, seperti Sultan Aji Muhammad Salehuddin I (Sultan Kutai ke-16), Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Sultan Kutai ke-17), dan Sultan Aji Muhammad Parikesit (Sultan Kutai ke-19) serta Muballigh besar Kesultanan Kutai Sayid Muhammad Bin Sayid Saleh (Al) Bin Yahya (Makkawi).   
 
Pj Bupati Kukar Chairil Anwar mengatakan, 233 tahun silam Aji Imbut telah memindahkan ibukota Kesultanan Kutai dari Pemarangan ke Tepian Pandan kemudian disebut Tangga Arung atau rumah para raja, hal tersebut menggoreskan tinta emas perjalanan kota raja. Tangga Arung tumbuh dan berkembang seiring perjalanan sejarah sehingga penduduknya hidup dan berkarya di kota yang kini telah bernama Tenggarong.
 
Dikatakan bahwa ziarah itu untuk menghargai dan mendoakan para pemimpin terdahulu yang telah mengawali pembangunan di Kukar. Ziarah itu menurutnya juga mengingatkan terhadap kebesaran dan kejayaan kerajaan  Kutai Kartanegara Ing Martadipura. "Kebesaran Kesultanan Kutai itu hendaknya tetap dipertahankan pada masa kini dan yang akan datang, yaitu dalam bentuk pembangunan yang tentunya melibatkan masyarakat," ujarnya. 
 
Lanjut dikatakan dalam sejarahnya, Tenggarong sangat terbuka bagi pendatang dari daerah lain, sehingga beragam etnis hidup berdampingan di Tenggarong. "Kebersamaan ini patut dijaga dan dibanggakan, mari kita terus pelihara kondisifitas sebagai dasar pembangunan," imbuhnya. 
 
Sementara sambutan Sultan HAM Salehuddin II yang disampaikan APHK Poeger Kabid Pelestarian Budaya Kesultanan Kutai, mengimbau agar masyarakat kota Tenggarong dengan sukacita menyambut pesta demokrasi Pemilukada di Kukar pada 9 Desember 2015 mendatang. "Dimana kita semua akan menentukan pemimpin Kabupaten Kukar untuk 5 tahun kedepan," imbuhnya. (hmp05) 

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini25 pengunjung
Minggu Ini1.041 pengunjung
Bulan Ini4.726 pengunjung
Total Pengunjung75.318 pengunjung
Total Klik1.977.811 Kali