PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Inovasi Adalah Akselerasi Reformasi Birokrasi

Pemerintahan    5 tahun yang lalu   
   898 Kali

Sumber Foto: Suasana pembekalan "champion Innovasi" di hotel zurich - Balikpapan

Reformasi birokrasi di Kukar terus bergulir dan akan terus menerus melakukan perbaikan untuk peningkatan pelayanan publik. Sejalan dengan grand strategi pemkab kukar dengan visi Gerbang Raja Tahap kedua "Menuju terwujdnya Kabupaten Kutai Kartanegara yang maju mandiri dan sejahtera dengan meningkatkan sektor pertanian, perkebunan dan pariwisata sbg leading sektor pembangunan daetah yang berbasis kerakyatan dan lestari".

Pemkab Kukar Merespon kebijakan reformasi birokrasi dengan membentuk Tim reformasi Kabupaten Kutai Kartanegara yang terdiri dari : Tim Pelaksana, Tim Teknis, Tim Manajemen Perubahan pada 101 SKPD (Badan, Dinas, Kantor, Kecamatan dan Kelurahan).

Langkah nyata dalam pelaksanaan reformasi birokrasi yakni dengan mendorong SPKD terus melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan pelayanan publik.

Kepala Bagian Ortal Bapak Supriyanto dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa dalam RPJMD 2016-2021 ditetapkan 12 indikator sasaran, ada 6 indikator sasaran yang titik beratnya pada "pelayanan publik" antara lain Akuntabilitas Kinerja, Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Indeks partisipasi masyarakat dalam pelekasnaan pembangunan, Indeks kepuasan masyarakat, Opini BPK dan indeks persepsi korupsi.

Untuk mengawal dan mendorong terwujudnya 6 indikator sasaran pelayanan publik dilakukan pembekalan "Champion Innovasi" yang dilaksanakan pada 28 - 31 Juli 2016 di lokasi hotel zurich - Balikpapan. Pada Tim Teknis Reformasi Birokrasi dengan menghadirkan narasumber Peneliti Madya Bapak Abdul Muis dan Bapak Suripto dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk membedah layanan publik dan memberi pembekalan pada tim teknis agar dapat berperan menjadi bengkel saat mendampingi SKPD dalam melakukan inovasi untuk peningkatan pelayanan publik.

Bapak Suripto menegaskan bahwa Inovasi bukan hal yang terpisa dari Reformasi Birokrasi tapi merupakan akselerasi dalam melakukan perubahan dan peningkatan pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan. Jika ingin menang dalam persaingan jalannya lakukanlah inovasi dan harus ada perubahan, jika tidak memperbaiki diri akan kalah dalam persaingan.

Jangan terjebak dalam rutinitas dengan kenyamanan, yang menentukan keunggulan dalam sebuah persaingan dan kemajuan adalah bagaimana selalu berupaya lebih banyak ditentukan dengan melakukan inovasi.


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini95 pengunjung
Minggu Ini1.278 pengunjung
Bulan Ini5.499 pengunjung
Total Pengunjung102.765 pengunjung
Total Klik2.708.859 Kali