PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Jadi Warganegara yang baik, Bupati Kukar Ikuti Proses e-KTP

Pemerintahan    9 tahun yang lalu   
   989 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG –Tak ketinggalan  Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari Selasa sore (8/11) mendatangi Kantor Camat Tenggarong untuk memenuhi kewajibanya sebagai Warga Negara yang baik untuk untuk membuat KTP Elektronik atau e-KTP.

Dalam prosesi pengambilan biodata Rita ternyata tak sendiri tapi memboyong suami Endri Elfran Syafril, ibunda tercinta Hj.Dayang Kartini dan saudara Selvi Agustina. Sebagaimana warga umum yang datang diwajibkan membawa surat panggilan dari Camat, Bupati dan keluargapun demikian. Hanya saja Bupati bersama keluarga tidak menjalani proses pendaftaran dan menerima nomor antre, tapi langsung dibawa masuk keruangan pelayanan e-KTP.

Pada tahap awal dilakukan verifikasi data yaitu petugas menanyakan apakah data base yang terdapat dalam server Automated Fingerprint Identification System (AFIS) sudah benar atau perlu perbaikan. Setelah verifikasi data dilanjutkan dengan pemotretan dengan menggunakan latar belakang warna merah untuk kelahiran ditahun ganjil.Usai sesi pemotretan dilanjutkan dengan rekam tandatangan, sidik jari dan memindai iris mata.

Tahapan perekaman biodata Bupati berlangsung cepat hanya butuh waktu tiga menit. Karena tidak ada yang diulang. Usai melakukan perekaman selanjutnyA disusul giliran suami Endri, Hj.Dayang Kartini dan Selvi Agustina.

 Saat pengiriman rekaman biodata atau enrollment secara on-line ke Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Jakarta , Bupati berada pada urutan ke 5.724 untuk wajib e-KTP Kecamatan Tenggarong sedang Endri urutan 5,725 , Hj.Dayang Kartini dan Selvi Agustina urutan 5.726 dan 5.727.

Sementara itu saat mendampingi Bupati Kukar melakukan proses pembuatan e-KTP Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kukar  Getsmani Zeth didampingi Camat Tenggarong Tajuddin Noor. Getsmani menjelaskan pelayanan e-KTP ini akan berlangsung hingga akhir Desember 2011 dan e-KTP ini akan di cetak di Jakarta dan Dijadwalkan akan selesais selama empat bulan.

Bila sudah selesa, nantinya akan dikirimkan ke Kukar untuk selanjutnya akan diserahkan kepada warga. Sebelum e-KTP selesai menurut Getsmani, KTP yang ada menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) masih bisa dipakai untuk berbagai keperluan sepanjang masa berlaku belum habis.

Dikatakannya, nanti saat penyerahan e-KTP semua wajib KTP yang telah menjalani pembuatan e-KTP akan dipanggil kembali secara massal sama seperti saat perekaman biodata. Untuk memastikan bahwa e-KTP itu benar milik penduduk maka operator akan melakukan verifikasi sidik jari telunjuk tangan kanan atau kiri penduduk melalui pemadanan 1: 1 . Bila pemadanan itu ” berhasil ” maka e-KTP diserahkan kepada penduduk dan KTP lama akan ditarik untuk dimusnahkan.(adv/lina)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini25 pengunjung
Minggu Ini1.041 pengunjung
Bulan Ini4.726 pengunjung
Total Pengunjung75.318 pengunjung
Total Klik1.977.759 Kali