PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Jongkang Desa Pertama Susun RKP-Desa Tahun 2017

Pemerintahan    5 tahun yang lalu   
   2288 Kali

Sumber Foto: Sekretaris Bapemas dan Pemdes Kukar Hardie Herman SH saat membuka penyusunan RKP-Desa Jongkang Tahun 2017, Senin (25/7) di BPU Jongkang.

TENGGARONG – Desa Jongkang merupakan salah satu desa termuda yang ada di Kecamatan Loa Kulu, walaupun terbilang muda, namun Desa Jongkang merupakan desa pertama dalam menyusun Rancangan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKP-Desa) Tahun 2017. Hal tersebut dikatakan  Kasi BPMD Loa Kulu H Hairuni  saat menghadiri penyusunan RKP-Desa  tahun 2017 di BPU Desa Jongkang. Senin (25/7/2016)

“Alhamdulillah desa Jongkang ini yang pertama kali membahas RKP-Desa 2017 dari 15 desa definitif yang ada di kecamatan Loa Kulu,” kata Hairuni.

Bahkan terkait proses pencairan ADD tahap pertama saja, desa Jongkang pertama kali mencairkannya, “Walaupun tunasnya baru hidup, desa Jongkang ini cukup eksis dan proses pencairan ADD tahap pertama sangat cepat. Intinya harus kompak dalam proses pembangunan di desa,” jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Jongkang Salasnian mengatakan rencana kerja pemerintah desa biasanya dilaksanakan pada bulan Nopember–Desember, dengan mempercepat membahasan RKP-Desa 2017, diharapkan dapat mempermudah singkornisasi antara Musrenbang kecamatan dan kabupaten.

“Mudahan-mudahan dengan pembahasan ini kita bisa mengambil sikap lebih cepat lagi sehingga semuanya bisa kita susun dan singkronkan dengan Musrenbang kecamatan dan kabupaten,” ujarnya.

Sekretaris Bapemas dan Pemdes Kukar Hardie Herman yang membuka kegiatan tersebut mengingatkan agar apa yang diusulkan desa melalui RKP-desa harus benar-benar dikawal mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kebupaten. “Saya minta agar usulan RKP-Desa Jongkang ini benar-benar dikawal sampai ditingkat kabupaten, sehingga apa yang diharapkan dalam program pembangunan desa dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

Ditambahkan Hardie terkait pencairan ADD, pihaknya meminta kepada semua desa agar proaktif dalam penyusunan program hingga pelaksanaannya. “Bapemas dan Pemdes sudah melakukan pembinaan terkait proses pencairan ADD, namun masih ada desa yang belum dapat mencairkannya. Intinya adalah kompak dalam menyusun program, sehingga apa yang direncanakan nantinya dapat dirasakan pembangunannya oleh masyarakat,” jelasnya.

Diketahui dari Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa Jongkang tahun 2017 meliputi beberapa bidang seperti bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat dengan total alokasi dana Rp189.566.600,-. (hmp01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini211 pengunjung
Minggu Ini1.924 pengunjung
Bulan Ini6.394 pengunjung
Total Pengunjung110.277 pengunjung
Total Klik2.881.853 Kali