PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kelurahan Muara Jawa Ilir Masuk 5 Besar Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

Pemerintahan    3 tahun yang lalu   
   669 Kali

Sumber Foto: Sekda Kukar H Marli saat menyampaikan sambutan pada kegiatan klarifikasi lapangan yang dilakukan tim penilai lomba desa dan kelurahan dari Kemendagri RI.

TENGGARONG Kelurahan Muara Jawa Ilir  Kecamatan Muara Jawa sukses masuk lima besar Lomba Kelurahan Tingkat Nasional 2017. Kepastian tersebut setelah Tim Penilai Lomba Desa Dan Kelurahan Tingkat Nasional Regional III Wilayah Kalimantan Dan Sulawesi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melakukan klarifikasi lapangan di Kelurahan Muara Jawa Ilir, Selasa (25/7).
 
Ketua Tim penilai dari Kemendagri RI Ditjen Bina Pemerintahan Desa Latif Maulana Razak mengatakan ada beberapa aspek yang menjadi penilaian pada perlombaan tersebut diantaranya aspek kewilayahan, pemerintahan dan kemasyarakatan. "Sifat gotong royong yang saya lihat di Kelurahan Muara Jawa Ilir menjadi salah satu poin penilaian," ujar Latif Maulana Razak. Ia berharap Kelurahan Muara Jawa Ilir bisa menyampaikan data yang valid dan program inovasi yang menjadi unggulannya kepada tim saat penilaian.
 
Berkenaan dengan hal tersebut, Lurah Muara Jawa Ilir H Rudiansyah mengatakan ada beberapa program yang menjadi unggulan dari Kelurahan Muara Jawa Ilir diantaranya pengembangan perkebunan karet dan kelapa, pisang sale, sirup rambai laut, dodol nipah, rumput laut, Pelayanan Administrasi Terpadu Kelurahan (Patek), pengembangan TTG Instalasi biogas (kerjasama dengan perusahaan swasta), kampung hijau (Penanaman 100 pohon per RT), festival kampung handil setiap satu tahun sekali, hutan mangrove,  serta sarana dan prasarana air bersih yang tidak menggunakan PDAM.
 
Sementara itu, Sekda Kutai Kartanegara (Kukar) H Marli ingin kelurahan se Kukar meniru sistem pelayanan berbasis teknologi yang diberikan Kelurahan Muara Jawa Ilir, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat"Saya ingin sistem berbasis  teknologi yang diterapkan Kelurahan Muara Jawa Ilir, bisa ditiru," ujar H Marli. Hadir pada kegiatan tersebut beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, unsur Musawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Muara Jawa, Sangasanga, dan Samboja,  serta Ketua Pemberdaya Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kukar Maslianawati Edi Damansyah. (HendroAldino-Medsi08).

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini25 pengunjung
Minggu Ini1.041 pengunjung
Bulan Ini4.726 pengunjung
Total Pengunjung75.318 pengunjung
Total Klik1.977.789 Kali