PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kembangkan Hasil Penelitian

Pemerintahan    8 tahun yang lalu   
   1500 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG - Untuk mengantisipasi tantangan  ke depan menuju kondisi Balitbangda yang diinginkan oleh pemerintah Kabupaten Kutai kartanegara maka Balitbangda Kukar mengadakan Rapat Koordinasi Penelitian Dan Pengembangan beberapa hari lalu di Ruang Mulawarman Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong.Rakor yang dibuka secara langsung oleh Sekertaris Daerah Pemkab Kukar HAPM. Haryanto Bachroel didampingi oleh kepala Balitbangda Akhmad Bakhriansyah dihadiri oleh Asisten Deputi Jaringan IPTEk Pusat dan daerah Kementrian Ristek Dr.Eng.
Hotmatua Daulay.M. Eng, badan kementrian Penelitian dan pengembangan kementrian dalam negri Jakarta  Bidang Bisnis dan Manajemen Dr. Herie Laksono dan Litbang Prop Kaltim Drs. Juraidi.Mtp.Dalam kesempatan tersebut Sekertaris Daerah Pemkab Kukar HAPM. Haryanto Bachroel dalam sambutanya mengatakan bahwa ia sangat menyayangkan bahwa saat ini hasil penelitian banyak yang tidak diaplikasikan dan hanya disimpan sebagai arsip.
Sebenarnya Kukar memiliki  beberapa sumberdaya alam yang bisa dimanfaatkan seperti batu bara. Didalam memproduksi batu bara  selain batu bara bisa dimanfaatkan Debu batu bara yang bertebaran diharapkan bisa diolah dengan baik.
Dengan limbah debu batu bara yang banyak diharapkan dapat diolah dengan sebaik-baiknya. “kita hanya memiliki bahan Baku tetapi untuk pengolahanya masih belum ada dan ia sangat berharap para peneliti dan generasi muda dapat memanfaatkan ilmu teknologi dengan melakukan peneliatian-penelitian terbaru.Ia juga mengatakan bahwa lahan Ex tambang sebenarnya bisa menghasilkan 181 jenis Rumput Untuk Pakan ternak dan daerah Samboja Bisa dijadikan pasar ternak karena dekat dengan Samarinda dan Balikpapan tetapi karena budaya yang masih melekat di para peternak maka hal itu masih belum terealisasi.
Menurutnya Australia bisa berhasil menjadi pasar ternak karena memiliki budaya yang berbada. Daerah Australia memberikan pakan ternak dengan rumput kering sedangkan di Kukar para peternak memberikan pakan ternak dengan Rumput Basah sehingga sapi-sapi tidak merasa kenyang karena banyak terdapat air.Bachroel juga mengharapkan para peneliti dapat meningkatkan kopetensin dan terus menggali aspirasi untuk mengembangkan potensi daerah yang ada.  Ia juga sangat mengharapkan bahwa Balitbangda dapat lebiheksis dan hasil penelitian dan pengembangan bisa dimanfaatkan dalam formulasi kebijakan untuk pengembangan bisa dimanfaatkan dalam formulasi kebijakan untuk pembangunan pemerintah daerah kabupaten Kukar. (HMP09)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini19 pengunjung
Minggu Ini1.035 pengunjung
Bulan Ini4.720 pengunjung
Total Pengunjung75.312 pengunjung
Total Klik1.977.479 Kali