PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kesbangpol Gelar Rakor Pelaporan Rencana Aksi Bela Negara

Pemerintahan    1 tahun yang lalu   
   180 Kali

Sumber Foto: Asisten III Irfan Prananta membuka Rakor Pelaporan Aksi Bela Negara.

TENGGARONG –Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara gelar rapat koordinasi (Rakor) pelaporan rencana aksi bela negara Pemkab Kukar periode B- 09 tahun 2019, yang dibuka oleh Asisten III M Irfan Prananta, di Gedung Bappeda lantai 2, Selasa (29/10/2019), yang diikuti perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Kukar.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Kukar Rinda Desianti mengatakan, acara itu untuk menyelaraskan dan memantapkan upaya bela negara sesuai dengan Inpres nomor 7 tahun 2018/2019, lebih sistematis, terstruktur dan terstandarisasi. Menurutnya, agar intruksi tersebut bisa terlaksana dengan baik, rencana aksi nasional bela negara terdiri dari 3 tahap yaitu, sosialisasi, harmonisasi, sinkronisasi, koordinasi dan evaluasi. Selanjutnya tahap internalisasi nilai – nilai dasar bela negara dan aksi gerakan.

Irfan Prananta saat menyampaikan sambutan Bupati Kukar mengatakan kepada semua OPD dilingkungan Pemkab Kukar agar bisa segera melaporkan hasil pelaksanaan aksi bela negara yang sudah dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional.

Dalam pelaksanaannya aksi bela negara harus mengikutsertakan peran masyarakat dan pelaku usaha sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan. Dengan menanamkan benih cinta tanah air, jiwa dan semangat bela negara lemah, penurunan semangat nasionalisme akan kembali berkobar. Sebagai ujung tombak dalam mengimplementasikannya para aparat negara menjadi garda terdepan. Kesbangpol yang menjadi komponen terdepan dalam masalah bela negara.

Irfan Prananta menambahkan masing – masing OPD sudah mempunyai tupoksinya masing – masing yang tentunya bersinergi dengan pemerintah pusat. “Banyak program daerah yang telah kita laksanakan seiring dengan program pemerintah, sebagai contoh, seperti program ekonomi kreatif melalui Dinas Pariwisata, guna mengembangkan ekonomi masyarakat agar terus berkembang dan maju menaikan taraf hidup masyarakat itu sendiri, hal tersebut merupakan salah satu contoh kita dalam aksi bela negara,” ucapnya. M Irfan Prananta berharap apa yang sudah dilakukan oleh semua OPD Kabupaten Kukar akan membawa efek yang baik dan seiring dengan semua program pemerintah.(Medsi06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini86 pengunjung
Minggu Ini1.102 pengunjung
Bulan Ini4.787 pengunjung
Total Pengunjung75.379 pengunjung
Total Klik1.979.030 Kali