PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kesbangpolmas Gelar Penyuluhan Hukum Terpadu

Pemerintahan    7 tahun yang lalu   
   1491 Kali

Sumber Foto: Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf (tengah) Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Dendi Suryadi, dari Polres Kukar Kompol Ahmad Fanani, Kejaksaan Negeri Purnomo SH, Ka Binda Kaltim Letkol Mat Jayus, saat menjadi narasumber pada Penyuluhan Hukum Terpadu dan Bahaya Radikalisme dan Terorisme, Selasa (29/10) di Aula MTs Kecamatan Kota Bangun.

TENGGARONG - Pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar benar-benar memahami dan selalu waspada terkait bahaya radikalisme dan terorisme. Sehingga tetap terciptanya kehidupan masyarakat yang aman, tertib, damai dan sejahtera.Dalam hal ini melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Masyarakat (Kesbangpolmas) Kukar melakukan Penyuluhan Hukum Terpadu dan Bahaya Radikalisme dan Terorisme.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf, sekaligus menjadi narasumber bersama Komendan Kodim 0906/Tenggarong Letkol Inf Dendi Suryadi, Dari Kapolres Kukar Kompol Ahmad Fanani, Kejaksaan Negeri Tenggarong, Purnomo SH, Ka Binda Propinsi Kaltim Letkol Mat Jayus dan diikuti oleh 100 peserta, terdiri dari Kapolsek, Danramil, tokoh masyarakat, pemuda serta 6 kecamatan yakni, Tabang, Kota Bangun, Muara Wis, Muara Muntai, Kenohan, Kembang Janggut dan Tabang, Selasa (29/10) di Aula MTs Kecamatan Kota Bangun. Kepala Kesbangpolmas Kukar H Fatekur Rochman mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk menindaklanjuti sekaligus melaksanakan rencana aksi terpadu, dari 32 rencana aksi penanganan gangguan keamanan dalam negeri kabupaten Kutai Kartanegara 2013 yang sudah disusun."Kita ingin memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat, perangkat pemerintahan dan stakholder lainnya terkait bahaya radikalisme dan terorisme serta pencegahan terhadap gangguan keamanan dalam mewujudkan stabilitas di daerah menyongsong pemilu legislatif dan Pilpres 2014," katanya.

Sedangkan tujuannya, kata Fatekur Rochman yakni terlaksananya rencana aksi terpadu penanganan gangguan keamanan,terciptanya kehidupan masyarakat yang aman, tertib, damai dan sejahtera. "Inilah yang kita harapkan kedepan, daerah Kutai Kartanegara tetap aman, damai, dan sejahtera," ujarnya.Ditambahkan dia, sambil menyebutkan sumber-sumber komplik bisa saja muncul dari permasalahan seperti, yang berkaitan dengan politik, ekonomi dan sosial budaya. Perseteruan antar ummat beragama antar suku dan etnis, kemudian bisa juga sengketa batas wilayah desa, kabupaten/kota atau propinsi, bahkan sengketa sumber daya alam antara masyarakat dengan pelaku usaha dan lainnya. Jelasnya. Sementara itu Bupati Kukar melalui Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf mengapresiasi langkah yang dilakukan Kesbangpolmas dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama menyangkut kemanan dan ketentraman di wilayah Kukar.

"Saya rasa ini sangat positif, memberikan pemahaman tentang bahaya radikalisme dan terorisme," katanya.Menurut dia, kondisi yang saat ini masih kondusif hendaknya dipelihara dengan baik, dan pemahaman akan hal ini harus disosialisasikan kepada masyarakat, agar masyarakat paham pentingnya mengantisipasi penanganan terorisme."Suasana kondusif ini harus dipelihara, kalau ada yang mencurigakan segera dilaporkan ke aparat terdekat sehingga tidak cepat menyebar, minimal dapat diminimalisir," katanya.Kegiatan sosialisasi tersebut dibarengi dengan tanya jawab dengan berbagai pertanyaan yang terjadi di masing-masing desa, kecamatan. Semua yang disampaikan masyarakat maupun aparat setempat, ditanggapi langsung para narasumber secara bergantian. (hmp04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini193 pengunjung
Minggu Ini1.906 pengunjung
Bulan Ini6.376 pengunjung
Total Pengunjung110.259 pengunjung
Total Klik2.881.581 Kali