PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kukar Berpeluang Raih Wahana Tata Nugraha

Pemerintahan    6 tahun yang lalu   
   882 Kali

Sumber Foto: Sampaikan hasil penilaian; ketua tim penilai tahap 3 WTN Djamal Subastian dari Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI (kanan), kepada jajaran Pemkab Kukar dalam hal ini Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kukar H Bahteramsyah (kedua dari kanan). (by Hayru Abdi)

TENGGARONG - Kutai Kartanegara (Kukar) berpeluang meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha dari pemeritah Republik Indonesia (RI), atas penataan transportasi publik dan lalu lintas yang baik. "Bisa saja Kukar mendapatkan WTN tahun ini, karena hasil pantauan kami di Kukar khususnya Tenggarong penataan transportasi publik dan lalu lintas cukup baik," ujar ketua tim penilai tahap 3 WTN Djamal Subastian dari Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI, saat menyampaikan hasil penilaian kepada Pemkab Kukar di ruang eksekutif Kantor Bupati Kukar, Kamis (22/5).

Adapun materi penilaian lapangan meliputi sarana angkutan umum, prasarana, lalu lintas dan pelayanan masyarakat, sedangkan panilaian yang meliputi komitmen daerah yaitu perencanaan, pendanaan, kelembagaan, sumberdaya manusia dan kehadiran.
Dalam hal prasarana, Djamal mengatakan ruang milik jalan, permukaan jalan, fasilitas pejalan kaki dan penyebrangan pejalan kaki (zebra cross), tempat parkir, marka, rambu dan di simpang-simpangan prioritas, hasil penilainnya sudah baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan jalan yang mulus dan lebar, terdapat fasilitas pejalan kaki yakni trotoar dan pedestrian, rambu-rambu dan marka jalan dan lampu penerangan jalan yang cukup lengkap.

Hanya saja menurutnya, terminal dan angkutan umum masih perlu ditambah dan dibenahi, karena angkutan umum di ibu kota kabupaten Kukar tersebut sangat sedikit. Serta penggunaan trotoar harus benar-benar untuk pejalan kaki, jangan ada peruntukan lainnya misalnya dipakai untuk parkir  atau berjualan. Djamal menyarankan agar Pemkab Kukar melakukan perawatan berkala untuk marka jalan dan rambu-rambu lainnya, serta memastikan trotoar hanya digunakan untuk pejalan kaki.

Sedangkan mengenai lalu lintas, Djamal mengatakan hasil pemantauannya cukup baik, yaitu terlihat pengguna jalan yang disiplin mematuhi rambu-rambu. Namun juga masih ada beberapa yang terlihat tidak disiplin, misalnya anak-anak yang tak menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor, pengguna roda empat yang tak memakai sabuk pengaman, serta beberapa kendaraan parkir tidak pada tempatnya. Dalam hal ini Djamal menyarankan agar instansi yang berwenang yakni Dinas Perhubungan maupun Polisi Lalu Lintas setempat untuk terus melakukan sosialisasi mengenai kedisiplinan mengemudi, lalu kemudian melakukan penegakan hukum dengan menindak pelanggar aturan lalu-lintas.

"Kekurangan dalam hal trasnportasi publik dan berlalu lintas ini pasti ada, tapi secara umum saya liat di Kukar cukup baik," katanya.
Untuk diketahui, sebelumnya Kukar telah dinilai tahap 1 oleh panitia WTN kat Provinsi, kemudian tahap 2 oleh panitia tingkat Nasional, Provinsi dan Akademisi, serta tahap 3 oleh tim panitia Nasional yang diketuai Djamal.

Djamal mengatakan, tiga tahap penilaian tersebut hasilnya akan diakumulasi dan sebagai bahan rapat pleno panitia WTN nasional pertengahan Agustus 2014 mendatang. Lalu keputusan Menteri Perhubungan tentang peraih WTN dan penyerahan penghargaan dilaksanakan September 2014.

Sementara Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kukar H Bahteramsyah yang menerima tim penilai WTN Nasional mengatakan Pemkab akan berkoordinasi dengan instnsi terkait untuk membenahi kekurangan-kekurangan yang ada, yaitu dengan Dishub, Satlantas Polres Kukar, dan Dinas Bina Marga dan Sumberdaya Air. "Tentunya kami bertekad membenahi kekurangan yang ada bersama Dishub, Polantas dan instansi terkait lainnya," katanya. Acara tersebut selain dihadiri dari Dishub, Satlantas Kukar, Kodim 0906 Tenggarong, dan dari Dinas Bina Marga dan Sumberdaya Air juga dihadiri beberapa Lurah di Tenggarong.  (hayru;hmp03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini40 pengunjung
Minggu Ini1.048 pengunjung
Bulan Ini4.773 pengunjung
Total Pengunjung75.502 pengunjung
Total Klik1.981.996 Kali