PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Launcing E-KTP

Pemerintahan    9 tahun yang lalu   
   923 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG- Launcing E-KTP yang dilakukan oleh  Wakil Bupati Kukar HM Gufron Yusuf  di damping Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Edi Damansyah, kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil Getsmani zeth dan Camat Tenggarong H Tajuddin di kantor Camat Tenggarong, Kamis(6/9).

Saat ditemui seusai pembuatan E-KTP  Wakil Bupati Kukar menjelaskan bahwa ia sangat setuju dengan adanya E-KTP maka tidak akan ada lagi pendataan ganda sehingga mampu mempersempit kesempatan bagi oknum masyarakat untuk berbuat curang dan menduplikasi tanda pengenalnya.

Penerapan KTP berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan) telah sesuai dengan pasal 6 Perpres No.26 Tahun 2009 tentang Penerapan KTP berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional Jo Perpres No. 35 Tahun 2010 tentang perubahan atas Perpres No. 26 Tahun 2009 yang berbunyi “KTP berbasis NIK memuat kode keamanan dan rekaman elektronik sebagai alat verifikasi dan validasi data jati diri penduduk”.  Rekaman elektronik sebagaimana dimaksud berisi biodata, tanda tangan, pas foto, dan sidik jari tangan penduduk yang bersangkutan dan disimpan dalam database kependudukan.

 Ia juga mengatakan E-KTP yang mulai diterapkan di Indonesia dilakukan secara bertahap, yaitu dimulai dengan 197 Kabupaten dan Kota diseluruh Indonesia, salah satunya adalah Kabupaten Kutai Kartanegara. Sebagaimana yang telah menjadi komitmen Kepala Daerah kukar untuk segera melaksanakan sistem E-KTP, maka menjadi pekerjaan rumah yang tidak mudah bagi instansi terkait beserta aparat terkait untuk mendukung dengan segenap kemampuan yang ada, agar di tahun ini mampu melaksanakan sistem e – KTP sesuai dengan harapan.

Selama ini sistem pendataan penduduk masih terdapat banyak kekurangan, dimana banyak sekali terdapat data ganda yang dimiliki seorang warga negara. Hal ini terjadi karena kita belum memiliki sistem pendataan penduduk yang benar-benar valid dan tidak bisa disalahgunakan. Data ganda ini kerap digunakan oleh oknum masyarakat, untuk menghindari pajak, memudahkan pembuatan paspor yang tidak dapat dibuat di seluruh kota, mengamankan korupsi dan termasuk disalah gunakan oleh para teroris untuk menyembunyikan identitas.

e-KTP yang akan diberlakukan memiliki keunggulan sendiri karena sifatnya yang komprehensif karena dilengkapi dengan biometrik dan chip, lebih unggul dari e-KTP yang digunakan oleh India maupun RRC. Dengan menggunakan sistem e-KTP ini diharapkan dapat memberikan data yang akurat terkait dengan kependudukan yang ada di Indonesia, yang sasarannya nanti adalah menjadi data pendukung dalam upaya percepatan pembangunan di Indonesia, dan daerah pada khususnya.

Masalah kependudukan ini semakin hari semakin kompleks dan rumit disebabkan karena semakin meningkatnya jumlah penduduk serta kurangnya kemampuan petugas untuk mengolah data penduduk. Permasalahan ini bukan semata-mata kesalahan petugas, namun tidak adanya perangkat pengolah data yang tepat dan akurat untuk mendukung kinerja aparat. Akibatnya data penduduk saat ini sangat mudah untuk disalah gunakan, ataupun diduplikasi untuk alasan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Dengan sistem Rekaman sidik jari tangan penduduk yang dimuat dalam KTP berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan) kiranya menjadi suatu system yang terintegrasi dengan pemanfaatan data penduduk bagi keperluan penting lainnya seperti data bank,  Surat Ijin Mengemudi, Paspor dan lainnya, karena merupakan identitas tunggal yang tidak dapat dipalsukan atau digandakan serta dapat digunakan sebagai kartu suara dalam Pemilu.

Dalam menyukseskan program ini tentunya akan melibatkan aparatur tingkat kecamatan hingga RT. Ia mengajak seluruh perangkat yang terkait untuk melakukan pendataan ini dengan benar dan akurat. Partisipasi dan kerjasama seluruh perangkat terkait amat dibutuhkan agar program ini tidak sekedar wacana dan gencar pada awalnya saja, namun benar-benar dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan ketaatan. (adv/lina)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini70 pengunjung
Minggu Ini1.257 pengunjung
Bulan Ini5.019 pengunjung
Total Pengunjung78.266 pengunjung
Total Klik2.082.023 Kali