PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Manfaatkan Teknologi Informasi

Pemerintahan    7 tahun yang lalu   
   1260 Kali

Sumber Foto: Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf saat menyerahkan cenderama kepada Direktur Kementerian Kominfo RI diwakili Kasub Direktorat Aplikasi Layanan Kepemerintahan Bambang Dwi Anggono

TENGGARONG – Wakil Bupati Kutai Kartanegara HM Ghufron Yusuf, Rabu (30/10) membuka Sosialisasi Sistem Informasi Pemerintahan dan Layanan Publik serta Bimbingan Teknis Sistem Administrasi Perkantoran Maya (Si – Maya) di Hotel Singgasana Tenggarong. HM Ghufron Yusuf dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Program Gerbang Raja berusaha melakukan perubahan secara bertahap dan terus menerus dalam menata pemerintahan terutama dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
 
Perubahan yang akan kita jalani saat ini adalah transformasi menuju era digital untuk mengikuti kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat serta pemanfaatannya secara luas yang dampaknya membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat. Kenyataan telah menunjukkan bahwa penggunaan media elektronik merupakan faktor yang sangat penting dalam semua pemerintahan. “Apabila tidak mampu menyesuaikan diri dengan kecenderungan global tersebut akan membawa kita pada jurang akibat tidak mampu memanfaatkan teknologi informasi,” tambah Ghufron.
 
Lebih jauh dikatakannya, dalam upaya pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, Pemkab Kukar telah melakukan beberapa kerjasama antara lain dengan Unmul Samarinda, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam hal Implementasi dan Pengembangan Aplikasi dan Informatika, dengan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam terkait dengan Implementasi Pengembangan dan Pemulihan Pusat Data serta Peningkatan SDM serta dengan PT Telkom Wilayah Kaltim terkait dengan Implementasi Kutai Kartanegara Digital Society.HM Ghufron berharap kepada seluruh SKPD dan semua aparatur pemerintah di Kukar dapat memanfaatkan semua fasilitas yang telah tersedia dan turut berpartisipasi menyisihkan anggarannya untuk kepentingan pengembangan informasi dan komunikasi di SKPD masing – masing dan berkoordinasi dengan Diskominfo, agar terjalin sinergis dalam pemanfaatan aplikasi sehingga akan mudah mengintegrasikan database dari aplikasi yang digunakan di  semua SKPD.
 
Sementara itu, menurut Ketua Panitia Pelaksana, Ida Fitriani mengatakan,kegiatan ini diikuti sebanyak 50 (lima puluh) peserta dari 25 (dua puluh lima) SKPD, yang berlangsung selama 2 (dua) hari dengan tajuk : Kukar Go Green Government Less  Paper With Simaya. Bertujuan untuk memberikan pencerahan wawasan bagi para peserta dalam upaya memberikan pengenalan terhadap system informasi pemerintahan dan layanan public serta memberikan bimbingan teknis sistem administrasi perkantoran maya (Si –Maya) dalam rangka peercepatan pelayanan public yang prima sekaligus membantu mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui aplikasi meski yang bersangkutan sedang tidak ada di tempat. Adapun materi yangdiberikan meliputi aplikasi layanan kepemerintahan, pengenalan simaya, pengenalan PNSmail, persiapan infrastruktur dan implementasi simaya, struktur lokal simaya dan lain – lain. Sedangkan bertindak sebagai narasumber yaitu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dengan moderator dari Unit Pelaksana Strategis ICT Unmul Samarinda. (hmp. 04).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini48 pengunjung
Minggu Ini1.056 pengunjung
Bulan Ini4.624 pengunjung
Total Pengunjung74.905 pengunjung
Total Klik1.964.408 Kali