PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Mendagri Buka Rakornas Persiapan DP4 dan Stabilitas Kemananan

Pemerintahan    8 tahun yang lalu   
   1238 Kali

Sumber Foto: Hadiri Rakornas: Bupati Kukar Rita widyasari beserta seluruh kepala daerah se Indonesia saat hadiri Rakornas



JAKARTA - Seluruh kepala daerah se Indonesia tak terkecuali Bupati Kutai kartanegara (Kukar) Rita Widyasari menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) persiapan penyerahan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), dan pemantapan stabilitas keamanan dan ketertiban dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2014, Selasa (29/1) di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Tujuan Rakornas itu untuk menjelaskan proses penyiapan DP4, serta tentang penyerahan DP4 secara serentak kepada Komisi Pemilian Umum (KPU). dan KPU provinsi maupun kabupaten/kota.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi saat membuka acara itu mengatakan Rakornas tersebut sangat penting karena DP4 merupakan bahan utama bagi KPU untuk diproses lebih lanjut menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar peilih tetap (DPT) dalam Pemilu 2014. DPT tersebut merupakan acuan utama bagi warga Indonesia untuk dapat menggunakan hak pilih.

"Pemerintah pusat muapun daerah telah berupaya sungguh-sungguh mempersiapkan DP4 yang jauh ebih akurat, sebagai tanggung jawab untuk berperan memperbaiki kualitas penyelenggaraan Pemilu secara konsisten," ujar Gamawan.

Selain itu, lanjut Gamawan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat juga merupakan hal sangat penting dalam berhasilnya Pemilu 2014. Maka sangat tepat jika tema rakornas tersebut mengambil tema; DP4 yang akurat dan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang mantapakan mendukung suksesnya Pemilu 2014.

Dijelaskannya DP4 yang akan diserahkan pemerintah kepada KPU bersumber dari database kependudukan kabupaten/kota, yang telah diintegrasikan dengan hasil perekaman eKTP. Adapun upaya pemerintah dalam peningkatan akurasi DP4 diantaranya Mendagri meminta para kepala daerah dan Dinas kependudukan pencatatan sipil (Disdukcapil) tiga kali untuk menyempurnakan database kependudukan kabupaten/kota. Selain itu Kemendagri melakukan pembersihan data ganda sebanyak empat kali dengan memanfaatkan Sistem Administrasi Kependudukan (Siak) dan hasil perekaman eKTP.

"Jadi tak ada keraguan terhadap DP4 yang diterima dari Mendagri untuk diserahkan pada KPU 7 Februari mendatang secara serentak se Indonesia," ujarnya.

Dikatakannya DP4 yang telah diserahkan oleh Mendagri kepada Gubernur, Bupati/Walikota merupakan pemilihan dari database kependudukan secara keseluruhan, yang akurasinya sudah ditingkatkan secara maksimal dengan jumlah penduduk 250,6 juta jiwa, dengan DP4 sejumlah 190,4 juta jiwa.

Lebih lanjut dikatakannya dalam persiapan Pemilu, perlu diantisipasi kemungkinan munculnya konflik, baik anatar warga maupun konflik warga dengan pemerintah.  "Konflim tersebut harus segera diatasi dan diantisipasi agar tidak mengganggu stabilitas nasional, kemanan dan ketertiban masyarakat," imbaunya.

Untuk itu melalui Rakornas itu Gamawan meminta agar semua pihak membahas langkah pensinergian dan peningkatan efketifitas pelaksana tugas fungsi lintas sektoral, dalam mencegah dan mengatasi permasalahan di masyarakat.


Rita: Kondusif Tetap Terjaga Dengan Koordinasi dan Saling Menghargai

Sementara Bupati Kukar Rita Widyasari saat ditemui usai Rakornas itu mengatakan bahwa dirinya bersyukur daerah yang dipimpinnyamasih tetap kondusif. Adapun upaya yang dilakukan Pemkab Kukar dalam menjaga stabilitas kemanan yaitu menurutnya dengan selalu berkoordinasi kepada stakeholder terkait, diantaranya yaitu pihak Badan Kesbangpol.

Selain itu menurut Rita, dirinya juga kerap menjalin hubungan baik dengan semua tokoh masyarakat, pemuka agama dan masyarakat.

"Intinya situasi kondusif itu bisa terjaga karena semua tokoh masyarakat dan pemuka agama, maupun masyarakat sendiri bersama pemerintah berkomitmen untuk saling menghargai untuk hidup berdampingan," ujarnya.

Lebih lanjut Rita mengatakan Pemilu itu sukses apabila pemilih banyak yang hadir menggunakan suaranya untuk memilih sesuai hati nurani masing-masing. Kepada masrakat Kukar dirinya mengimbau agar yang telah wajib KTP agar segera membuat KTP, dan pada para pendatang untuk segera melapor ke aparat setempat, hal itu agar penentuan DPT nantinya benar-benar akurat.

Selain itu Rita juga mengajak agar masyarakat tetap menjaga ketertiban dan kemananan serta tetap memupuk persaudaraan, sehingga sitausi kondusif Kukar tetap terjaga. (hmp03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini22 pengunjung
Minggu Ini1.038 pengunjung
Bulan Ini4.723 pengunjung
Total Pengunjung75.315 pengunjung
Total Klik1.977.631 Kali