PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Mengenang 2 Tahun Jembatan Runtuh

Pemerintahan    7 tahun yang lalu   
   1358 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Rita Widyasari menaburkan buang warna warni ke Sungai Mahakam untuk mengenang arwah korban runtuhnya Jembatan Kartanegara.(joe)

TENGGARONG – Hari ini tidak terasa 2 tahun sudah Jembatan Kartanegara di kota Tenggarong Kutai Kartanegara runtuh. Mengenang peristiwa itu Bupati Rita Wiodyasari  dan wakilnya Ghufron Yusuf melakukan upacara tabur bunga dekat pondasi jembatan tersebut pagi tadi. Upacara diawali dengan pembacaan doa selamat dan tolak bala oleh rohaniawan dari Kantor Kementerian Agama Kukar. Kemudian dilanjutkan upacara tabor bunga atau menebarkan bunga berwarna warni ke sungai Mahakam tidak jauh dari pondasi jembatan Kartanegara.

Jembatan  yang runtuh pada sore Sabtu 26 Nopermber 2011 lalu mengakibatkan  21 warga yang saat itu sedang melintas di jembatan tersebut mati tenggelam ke sungai Mahakam. Sedang 21 lainnya dinyatakan hilang atau tidak ditemukan lagi jasadnya. Kehadiran Bupati Rita Widyasari dan rombongan di bekas Jumbatan Kartanegara diterima Rudi   Pimpinan Pelaksana proyek pembangunan kembali jembatan Kartanegara PT Hutama Karya. Menurut Rudi kepada Bupati Rita Widyasari bawha penyelesaian pembangunan ulang jembatan Kartanegara baru memasuki Tahap I dari 3  tahap yang direncanakan. Dimana tahap I ini menerjakan konstruksi pondasi jembatan.

“Tahap I ini membutuhkan waktu paling lama sekitar 1 tahun karena harus dilakukan secara teliti, cermat dan konsisten sesuai blurprint konstruksi,” ujarnya. Diharapkam   paling cepat Maret 2015 mendatangjembatan ini sudah dapat dioperasikan. Sementara Bupati Kukar Rita Widyasari mengatakan  ke depan Pemkab Kukar dalam membangun sarana maupun prasarana publik yang penting harus dilakukan secara hati hati sehingga tidak menimbulkan bencana. Disamping itu aspek pemeliharaan atau maintenance terutama bagi fasilatas umum akan terus dilakukan termasuk  dananya.  Kepada keluarga korban meninggal maupun hilang akibat tragedi  jembatan  Kartanegara  berharap tetap tabah. “Semoga arwah mereka diterima allah SWT,” ujarnya.(hms.DI.01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini85 pengunjung
Minggu Ini1.268 pengunjung
Bulan Ini5.489 pengunjung
Total Pengunjung102.755 pengunjung
Total Klik2.708.656 Kali