PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pelantikan Kepengurusan GOPTKI di 6 wilayah Pesisir

Pemerintahan    14 tahun yang lalu   
Noviyanto Rahmadi    1531 Kali

Sumber Foto: Ny. Kapsah (kiri) Istri tokoh pejuang Merah Putih Sangasanga La Hasan bersama anak kedua Akhmad saat membentang bendera merah putih yang digunakan ayahnya ketika melawan agresi kedua Belanda di Sangas

Peserta upacara lainnya adalah dari Batalyon Infantri 611, Satuan Polri, Satuan Tugas Organisasi kepemudaan, organisasi wanita dan para anggota veteran dan janda pejuang lainnya.   Upacara yang sedianya  dilakukan di lapangan sepak bola Gelora Pantai Sangasanga namun karena   maka dialihkan ke gedung Sandisa yang tidak jauh dari lapangan sepak bola Gelora Pantai atau sekitar 150 meter. Sehingga kelengkapan upacara seperti pengibaran bendera oleh pasukan pengibar bendera  dan atraksi marchingband yang sebelumnya telah disiapkan tidak dapat dilakukan di lama gedung Sandista.
Plt Gubernur Kaltim Drs Yurnalis Ngayoh dalam sambutannya mengatakan, momentum peringatan peristiwa bersejarah Perjuangan Merah Putih di Sangasanga ke 61 kalinya ini dapat menjadi awal untuk menghargai jasa-jasa pahlawan. Menurutnya menghargai pahlawan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk seperti meniru jiwa kejuangan, rela berkorban demi kemajuan bangsa dan negara serta melakukan pembangunan diberbagai bidang. “Karenanya sikap dan jiwa kejuangan maupun berkorban demi kepentingan bangsa masih dibutuhkan dan relevan bagi kita saat ini,” ujarnya. Yurnalis Ngayoh juga mengharapkan peristiwa perjuangan Merah Putih dapat dijadikan sarana persatuan dan kesatuan bangsa. Karena hanya melalui persatuan dan kesatuan katanya mampu menangkal hal-hal negatif yang menghambat  kemajuan bangsa. Usai upacara puncak peringatan dilanjutkan dengan  upacara Ziara di Taman Makam Wadah Batuah Sangasanga. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Komandan Korem ASN 091 Kolonel Inf Bambang Budi Waluyo ditandai  peletakan karangan bunga di tugu pahlawan dilanjutkan tabur bunga di pusara para pahlawan. Tabur bunga di pusara pahlawan ini  diikuti peserta upacara lainnya seperti Plt Gubenur Kaltim Yurnalis Ngayoh, Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar dan undangan lainnya.

--foto2--Dalam peringatan peristiwa Merah Putih ini juga ditandai dengan penyerahan Bendera Merah Putih yang mengawali sejarah peristiwa Merah Putih di Sangasanga. Penyerahan bendera yang tampak sudah dimakan usia ini dilakukan oleh Ny Kapsah istri mediang La Hasan salah seorang yang sangat berperan dalam peristiwa Merah Putih 61 tahun lalu kepada Plt Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh saat ramah tamah dengan para pejuang dan jandanya. Selama ini bendera tersebut disimpan keluarga almarhum La Hasan, baru tahun ini bendera tersebut diserahkan kepada pemerintah daerah. Kemudian oleh Pemda Kaltim bendera lusuh tersebut disimpan sebagai salah satu koleksi di Museum Juang Merah Putih Sangasanga. Bendera ini awalnya adalah bendera Belanda namun warna hijau dirobek para pejuang Sangasanga hingga tinggal warna merah dan putihnya saja.(joe) 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini51 pengunjung
Minggu Ini2.928 pengunjung
Bulan Ini11.791 pengunjung
Total Pengunjung210.876 pengunjung
Total Klik9.132.161 Kali