PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pemkab Sosialisasi IUPHKK-HTR

Pemerintahan    7 tahun yang lalu   
   1043 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Rita Widyasari saat membuka sosialisasi IUPHHK-HTR di Hotel Lesong Batu Tenggarong

 TENGGARONG – Pengelolaan hutan bukan sekedar masalah ekologi tetapi juga berkaitan erat dengan masalah sosial, ekonomi, hukum dan tata pemerintahan, semunaya terkait secara dinamis.  Oleh karena itu, membangun dan melestarikan hutan tidak dapat dilakukan hanya melalui sudut pandang dan hanya oleh satu pihak saja, akan tetapi keterlibatan berbagai pihak menjadi kunci utama keberhasilannya. Demikian dikatakan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, Senin (30/9) saat membuka sosialisasi percepatan penerbitan Ijin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman Rakyat (IUPHKK-HTR) di Hotel Lesong Batu Tenggarong. Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf, Direktur Bina Usaha Hutan Tanaman Pusat Gatot Soebiantoro, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum Chairil Anwar,  Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kukar HM Marli dan sejumlah perwakilan dinas intansi lainnya.

 
Rita juga mengatakan, pemberdayaan masyarakat merupakan bagian dari agenda besar sector kehutanan kedepan. Untuk merealisasikan agenda besar tersebut, banyak sekali hal yang perlu disempurnakan mulai dari aspek kebijakan sampai kepada teknis operasionalnya. Akses masyarakat terhadap manfaat hutan yang dulu dimarginalkan, kini harus diberikan peran seluas – luasnya. Dengan demikian dikalangan masyarakat akan tumbuh rasa memiliki, sehingga turut menjaga kelestarian hutan dan disisi lain masyarakat mendapat manfaat lebih tinggi dari pengelolaan hasil hutan terutama hasil hutan non kayu. Rita juga sangat menaruh harapan yang tinggi kepada semua pemangku kepentingan bidang kehutanan agar hendaknya tetap memegang komitmen yang telah dibangun bersama dalam melestarikan hutan sehingga mampu menemukan solusi bagi berbagai upaya pemecahan masalah sector kehutanan yang dihadapi diwaktu – waktu mendatang.
 
Untuk itu, Rita menekankan pentingnya kesamaan persepsi antara jajaran kehutanan dalam menyikapi berbagai permasalahan dewasa ini. Sebaiknya ego sektoral dan semangat kedaerahan yang berlebihan, perlu kita kurangi. Kerjasama yang produktif antara pusat dan daerah perlu terus ditingkatkan dan dicarikan solusi yang arif dan bijaksana sehingga akhirnya akan memberikan manfaat yang optimal bagi Negara dan daerah. Mari kita membangun komitmen, kesepahaman dan kebersamaan melalui sosialisasi ini, dalam rangka membangun koordinasi yang terintegrasi, sinergi dan tersinkronisasi guna mewujudkan keberagaman pelaku usaha hutan tanaman di Kukar, tambah Rita.
 
Sementara itu ketua panitia pelaksana, Yudiarta dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka meningkatkan potensi dan kualitas hutan produksi dengan menerapkan silvikultur yang menjamin kelestarian sumber daya hutan yang diperuntukan bagi masyarakat yang tinggal didalam dan atau sekitar hutan dengan sasaran hutan tanaman rakyat. Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 ( lima puluh ) peserta yang terdiri dari instansi pusat, pemerintah daerah dan wakil masyarakat calon pemegang ijin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu hutan dan tanaman rakyat. Sedangkan bertindak sebagai narasumber Bupati Kukar Rita Widyasari , Direktur Bina Usaha Hutan Tanaman, Kepala Sub Direktorat HTR Dit.BUHT dan Kepala BPKH Wilayah IV Samarinda, jelas Yudiarta. ( hmp 04 ).

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini736 pengunjung
Bulan Ini4.430 pengunjung
Total Pengunjung79.185 pengunjung
Total Klik2.117.369 Kali