PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pemprov Bali Pelajari PATEN Kukar

Pemerintahan    7 tahun yang lalu   
   807 Kali

Sumber Foto: Suasana pertemuan Pemkab Kukar dengan Pemprov Bali dalam studi komparasi terkait pelayanan Administrasi terpadu Kecamatan.

TENGGARONG - Pemerintah Provinsi Bali memboyong para camatnya termasuk SKPD untuk melakukan Studi Komparasi Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu  Kecamatan (PATEN) Ke Kutai Kartanegara (Kukar). 
 
Kunjungan kerja Pemorov Bali yang berjumlah sekitar 70 orang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan Sekda Prov Bali I Dewa Eka  Wardana diterima Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf, didampingi para SKPD terkait dan tim teknis PATEN lainnya, Senin (24/11) di, Ruang Serbaguna Kantor Bupati, Tenggarong.
 
Dikatakan Ketua Rombongan I Dewa Eka Wardana kunjungan ke Kukar untuk mempelajari sistem pelayanan terpadu kecamatan yang sudah diterapkan oleh Pemkab Kukar. "Terimakasih atas sambutan yang baik ini, semoga apa yang menjadi tujuan kami mempelajari PATEN dapat diterapkan di Provinsi Bali hingga kabupaten/kota khsusnya para camat," Katanya.
 
Menurut dia, studi banding sebagai pembuka dalam langkah penerapan sistim pelayanan terpadu di tiap kecamatan yang ada di Provinsi Bali, "Pelayanan PATEN ini merupakan amanat dari Mendagri dan Kukar sudah melaksanakannya. Inilah yang ingin kami diskusikan agar apa yang diamanatkan dapat berjalan baik di Bali," ujarnya.
 
Setelah mendengar maksud dan tujuan kunjungan Pemprov Bali, Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf sebelum menjelaskan, terlebih dahulu memperkenalkan SKPD terkait termasuk Camat Muara Jawa yang merupakan salah satu kecamatan percontohan PATEN di Kutai Kartanegara.
 
Dijelaskan Ghufron upaya yang dilakukan dengan pemenuhan persyaratan substantif seperti Peraturan Bupati Kukar No.6/2011 tentang pelimpahan sebagian wewenang bupati kepada camat. kemudian Keputusan Bupati No. 34/SK-BUP/HK/2012 tentang pembentukan tim teknis kecamatan (PATEN). "PATEN di Kukar sudah mulai dilaksanakan sejak 2011 dalam kegiatan Rapat Kerja bagi camat se Kukar, bertujuan untuk menyamakan persepsi serta memperkuat arus informasi komunikasi secara horizontal maupun vertikal mengevaluasi upaya dan kendala yang dihadapi oleh kecamatan dalam penerapan PATEN," katanya.
 
Sebelumnya juga telah dilakukan orientasi lapangan ke provinsi Aceh, Riau, Kota Yogyakarta bersama tim teknis PATEN didampingi oleh Fasilitator Konsultan dari AUSAID. Selain itu yang tak kalah pentingnya juga memonitoring dan evaluasi dilakukan dalam upaya mempersiapkan dalam penilaian PATEN AWARD dari Kemendagri RI bagi Kecamatan se-Indonesia.
 
"Sudah diterapkannya PATEN di Kukar, Kemendagri memberikan Piagam Penghargaan kepada Kukar sebagai Best Practices Kecamatan (PATEN) diserahkan Ditjen Pemerintahan Umum Saut Situmorang kepada Bupati Kukar Rita Widyasari 22 November 2013 di Jakarta,". Jelasnya.
 
Setelah mendengar penjelasan terkait PATEN, pertemuan diakhiri dengan penyerahan cenderamata oleh Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf kepada Ketua Rombongan Pemprov Bali I Dewa Eka Wardana. Setelah itu melanjutkan kunjungan ke Kecamatan Muara Jawa melihat langsung penerapan PATEN dikecamatan tersebut. (hmp04)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini116 pengunjung
Minggu Ini2.415 pengunjung
Bulan Ini9.906 pengunjung
Total Pengunjung252.014 pengunjung
Total Klik11.661.455 Kali