PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Penanggulangan Kemiskinan Harus Terencana

Pemerintahan    9 tahun yang lalu   
   1179 Kali

Sumber Foto:



TENGGARONG - Untuk mewujudkan kesamaan persepsi, keterpaduan dan sinkronisasi dalam menanggulangi kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK), Selasa (27/12) kemarin di ruang rapat Bada Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar lantai II, Tenggarong.

Acara yang berlangsung hingga Rabu (28/12) itu diikuti oleh para Asisten Setkab Kukar, kepala instansi dilingkungan Pemkab, DPRD, unsur perguruan tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat serta stkeholder lainnya terkait sebagai tim penanggulangan kemiskinan di Kukar.

Sekretaris Daerah Kukar HAPM Haryanto Bachroel saat membuka acara itu mengatakan saat ini harus dilakukan upaya penanggulangan secara terencana, terkoordinasi dan integrasi, dengan asumsi bahwa kemiskinan akan dapat ditanggulangi jika ada intervensi langsung dari pemerintah.

"Maka penanggulangan kemiskinan merupakan prioritas pembangunan saat ini," ujar Haryanto saat membacakan sambutan Bupati Kukar Rita Widyasari.

Syarat utama untuk merumuskan program penanggulangan kemiskinan yang efektif, menurutnya terlebih dahulu harus diketahui siapa yang menjadi sasaran atau target berupa data lengkap. Hal itu untuk memudahkan TKPK untuk mengarahkan program dan kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tarkait, agar lebih fokus terhadap kelompok masyarakat miskin atau hampir miskin yang terdata.

Selain target yang jelas, Haryanto mengatakan program yang dilakukan juga harus sistematis dan terencana sehingga hasilnya bisa dimonitor.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa TKPK adalah lembaga yang diberi mandat untuk melakukan langkah nyata dalam percepatan penanggulangan kemiskinan. TKPK dituntut tingkatkan kapasitas, baik dalam koordinasi serta analisis terhadap kebijakan serta program kegiatan yang ditetpkan melalui strategi penanggulangan kemiskinan daerah.

Dijelaskannya beberpa pendekatan yang dilakukan pemerintah selma ini yaitu melalui tiga klaster. Kalster pertama berupa bantuan sosial terpadu berbasis keluarga. Kedua, berupa penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat dan yang ketiga berupa penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan  usaha ekonomi mikro.

Sementara arah pembangunan Kukar melalui program Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera (Gerbang Raja) menjadi filosofi pelaksanaan pembangunan. Konsep pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu pendekatan yang diterapkan dalam Gerbang Raja.

"Maka semangat Gerbang Raja telah selaras dengan kebijakan pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan," paparnya.

Di penghujung sambutannya Haryanto meminta peserta rapat koordinasi agar dapat mengoptimalkan peran dan kinerja TPKP sebagai forum lintas sektoral dan lintas pemangku kepentingan dalam upaya penanggulangan kemiskinan. (adv/hmp03)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini89 pengunjung
Minggu Ini1.105 pengunjung
Bulan Ini4.790 pengunjung
Total Pengunjung75.382 pengunjung
Total Klik1.979.077 Kali