PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pencanangan Kampung KB di Loa Tebu Kecamatan Tenggarong

Pemerintahan    5 tahun yang lalu   
   1226 Kali

Sumber Foto: Plt Sekda Kukar H Marli (3 kanan pakai kopiah hitam) saat melakukan pemotongan bunga melati tanda dicanangkannya Kampung KB di Kelurahan Loa Tebu, Tenggarong.

TENGGARONG –Pelakana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) H. Marli melakukan Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kelurahan Loa Tebu Kecamatan Tenggarong, Kamis (21/7) pagi yang ditandai dengan pemotongan bunga melati. Pencanangan Kampung KB yang merupakan program nasional itu dihadiri Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan, Perempuan, dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Kaltim Sukaryo Teguh Santoso, Kepala BKBP3A Kukar Aji Rina Rodiah, Ketua Tim PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah, Camat Tenggarong Mulyadi dan Lurah Loa Tebu Ambo Dalle serta undangan lainnya.   

Bupati Kukar Rita Widyasari dalam sambutannya yang disampaikan Marli mengatakan Pemkab Kukar selalu mendukung kegiatan strategis dan inovatif seperti ini. Pencanangan Kampung KB di Kelurahan Loa Tebu tersebut bukan sekedar seremonial pencanangan saja, namun telah disiapkan aksi dan gerakan serta langkah strategis berupa program dan kegiatan yang terukur dan dapat diimplementasi di lapangan. 

Sesuai dengan prinsip pelaksanaan Kampung KB maka diharapkan agar dapat bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, budaya, lingkungan hidup dan infrastruktur. Serta dalam pelaksanaannya harus melibatkan secara aktif seluruh pemangku kepentingan,  sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing - masing secara terpadu dengan pendekatan multisektoral agar pembangunan dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Kelurahan Loa Tebu yang telah bersedia dan berkomitmen menjadi percontohan pelaksanaan Kampung KB di Kukar.
Kepada SKPD teknis, BKBP3A Kukar diharapkan agar pelaksanaan program dan kegiatan Kampung KB ini dapat terus dimonitoring sehingga indikator proses, output dan outcome yang dapat tercapai sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Sementara itu, Aji Rina Rodiah mengatakan Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat RW/RT dengan kreteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait, yang dilaksanakan secara sistematis dalam memberikan pelayanan kepada keluarga dan masyarakat. Dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat ditingkat kampung melalui program KKBPK yang terintegrasi dengan sektor pembangunan lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. 

"Kami berharap Kampung KB di Kelurahan Loa Tebu ini merupakan icon program KKBPK di Kukar dan menjadi contoh bagi kecamatan yang lain untuk membentuk kampung KB di wilayah masing-masing, serta dengan adanya kampung KB ini maka seluruh SKPD di Kukar agar mendukung dan memprioritaskan kegiatannya di kampung KB," seru Kepala BKBP3A Kukar ini. (hmp05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini211 pengunjung
Minggu Ini1.924 pengunjung
Bulan Ini6.394 pengunjung
Total Pengunjung110.277 pengunjung
Total Klik2.881.848 Kali