PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Penyerahan Dana Kredit Usaha Rakyat KUR

Pemerintahan    3 tahun yang lalu   
   491 Kali

Sumber Foto: Plt Bupati Kukar Edi Damansyah saat menyerahkan bantuan kedit KUR.

TENGGARONG –Pelaksana tugas Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, menghadiri puncak peringatan Hari Koperasi ke 71 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018, yang di pusatkan di Halaman Kantor Koperasi Dharma Bhakti di Jalan Pesut Tenggarong Kutai Kartanegara, Selasa (24/7). Puncak peringatan Hari Koperasi di Kukar ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Dinas Koperasi dan UKM  Kukar dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tenggarong, tentang percepatan pelayanan penerbitan izin usaha mikro kecil IUMK dan kartu ijin usaha mikro kecil serta penyerahan beberapa dana kredit usaha rakyat KUR dari perbankan diantaranya Bankaltimtara, Bank Mandiri, BNI, BRI kepada bebarapa nasabah yang menekuni bidang usaha pentolan bakso, perdagangan pakaian sekolah, pedagang ayam potong, rumah sewaan, warung makan dan minuman ringan, pedagang 9 bahan pokok, asesoris dan berbagai bidang usaha lainnya yang ada di Kutai Kartanegara.  

Acara ditandai juga dengan peresmian Kantor KPN Dharma Bhakti yang ditandai dengan penanda tanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Kadisperindagkop dan UKM Kaltim Fuad Asaddin dan Pelaksana tugas Bupati Kukar Edi Damansyah yang disaksikan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, OPD, dinas instansi dan sejumlah undangan lainnya. Edi Damansyah dalam sambutannya mengatakan, keberadaan koperasi menjadi sangat strategis pada saat pertumbuhan ekonomi dipandang tidak hanya dari angka pertumbuhannya saja, namun saat ini harus diikuti pula dengan pendekatan kualitas yakni mememperhitungkan pencapaian indicator pemerataan dan berkelanjutan. "Salah satu kebijakan pembangunan Kukar dalam mendukung tranformasi ekonomi daerah adalah memperkuat lembaga ekonomi desa dan masyarakat dalam mengelola dan mengoptimalkan potensi daerah yang dimiliki," ujarnya.  

Dikatakannya, lembaga ekonomi masyarakat yang saat ini telah menunjukan kinerja positif dalam meningkatkan pendapatan masyarakat adalah koperasi, atas dasar tersebut dengan berpegang pada filosofi Pembangunan Kukar yakni Gerbang Raja maka setiap koperasi diberikan kesempatan seluas – luasnya untuk lebih berdaya saing diera ekonomi digital saat ini, salah satunya dengan memperkuat jaringan kemitraan dengan badan usaha, yang saat ini diarahkan pada usaha perkebunan inti dan plasma di Kabupaten Kutai Kartanegara.  

Edi juga mengatakan, keberhasilan pembangunan  koperasi tidak dapat ditumpukan pada pemerintah daerah saja, namun harus disusun dengan skema kebijakan sinergi kolaboratif antar stakeholder, baik pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Untuk itu, salah satu tugas pemerintah daerah adalah melakukan harmonisasi berbagai peraturan yang dikeluarkan oleh masing – masing Kementerian / lembaga agar dapat berjalan secara efektif dalam rangka memperkuat koperasi di Kukar.  

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UMKM Syarief Hasan dalam pesan tertulisnya dibacakan Kadisperindagkop dan UKM Kaltim Fuad Asaddin mengatakan, koperasi memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan perekonomian nasional. Ada empat hal yang perlu diselenggarakan oleh  pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota terkait pengembangan koperasi. Pertama pemerintah memberikan kesempatan usaha yang seluas-luasnya kepada koperasi. Kedua, pemerintah meningkatkan dan memantapkan kemampuan koperasi agar menjadi koperasi yang sehat, tangguh dan mandiri.  

"Ketiga, pemerintah mengupayakan tata hubungan yang saling menguntungkan antara koperasi dengan badan usaha lainnya. Pemerintah berkepentingan untuk membudayakan koperasi dalam masyarakat sebagai upaya untuk memberikan kemudahan dan memperkokoh permodalan koperasi dan mengembangkan lembaga keuangan yang mudah diakses oleh koperasi," kata Fuad Asaddin. Terakhir, pemerintah provinsi dan kabupaten dapat membantu mengatasi masalah koperasi khususnya dalam bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengembangan produksi, pemasaran dan permodalan koperasi. "Pemerintah pusat harus lebih intensif menjalin hubungan dengan pemerintah tingkat provinsi kabupaten kota dan lembaga Gerakan Koperasi agar program-program untuk memajukan koperasi menjadi lembaga sehat kuat tangguh dan mandiri akan terwujud," ujarnya.  

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM PM dan BPS diperkirakan kontribusi koperasi terhadap PDB nasional pada tahun 2016 mencapai 3,99 persen selanjutnya pada tahun 2017 diperkirakan kontribusi koperasi terhadap PDB nasional sebesar 4,48 persen atau meningkat sebesar 0,49 persen. Lebih lanjut, ia menyampaikan kondisi koperasi Indonesia akan semakin berdaya saing apabila menerapkan prinsip koperasi secara konsisten dan mengikuti kaidah umum dalam dunia bisnis. Selain itu diperlukan sinergi dan kolaborasi pemerintah pusat dan daerah dalam pemberdayaan koperasi. "Saat ini strategi Kementerian Koperasi dan UMKM  adalah melalui program reformasi total koperasi yaitu rehabilitasi, reorientasi koperasi peran koperasi bukan lagi pada kuantitas tapi kualitas koperasi dan program yang dilaksanakan pada setiap level pemerintah difokuskan kepada pengembangan koperasi," ujarnya. Ia juga berharap peringatan Harkopnas dapat mengingatkan kembali makna sesungguhnya didirikannya koperasi, yakni sebagai dasar pengembangan kekuatan ekonomi rakyat, sehingga mampu mendorong pembangunan ekonomi nasional secara mandiri, berkeadilan sosial, dan berkelanjutan. (Medsi04/Betty).  

 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini104 pengunjung
Minggu Ini1.287 pengunjung
Bulan Ini5.508 pengunjung
Total Pengunjung102.774 pengunjung
Total Klik2.709.018 Kali