PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Peristiwa 27 Januari Sangasanga, Kembali Diperingati

Pemerintahan    9 tahun yang lalu   
   2350 Kali

Sumber Foto: Kepala Bagian Humas dan Protokol Dafip Haryanto didampingi Camat Sangasanga Safruddin (pakai topi) saat meninjau lokasi pameran. (jpg. Poto hmp02)



SANGASANGA-Merupakan sebuah kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dengan luas wilayah mencapai 233,4 km2 dan terbagi dalam 5 kelurahan dan jumlah penduduk kecamatan mencapai 11.855 jiwa. Kecamatan Sangasanga merupakan salah satu wilayah penghasil minyak bumi yang sangat penting di Kalimantan Timur sejak sumur minyak Louise untuk pertama kalinya mulai berproduksi pada tahun 1897.Dalam sejarahnya Sangasanga juga terkenal dengan sebuah peristiwa bersejarah, dimana  para pejuang kemerdekaan yang tergabung dalam Badan Pembela Republik Indonesia (BPRI) bahu membahu bersama rakyat mempertahankan Sangasanga dari gempuran Belanda, yang ingin menguasai kembali Sangasanga dan kekayaan yang ada didalamnya. Peristiwa heroik yang terjadi pada tanggal 27 Januari 1947 tersebut telah banyak memakan korban jiwa dan harta dari rakyat Sangasanga.  Peristiwa ini setiap tahun selalu diperingati sampai sekarang dikenal dengan Peristiwa Perjuangan Merah Putih Sangasanga.

Guna melihat persiapan pelaksanaan Peristiwa Perjuangan Merah Putih Sangasanga tersebut, Selasa (15/01) kemarin Kepala Bagian Humas dan Protokol Dafip Haryanto meninjau langsung kesiapan panitia kecamatan. Dalam kunjungan tersebut ada beberapa tempat yang dikunjungi yaitu lokasi pameran, guest house milik Pertamina yang akan digunakan tempat bermalamnya Bupati dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, dan Wisma Ria tempat pelaksanaan ramah tamah para pejuang veteran.   “Waktu pelaksanaan tinggal beberapa hari lagi, kami berharap seluruh agenda peringatan merah putih, termasuk kegiatan pendukung lainnya dapat berjalan sesuai rencana,” ujar Dafip Haryanto didampingi Kasubag Pemberitaan Hendra Wardana

Menurut Camat Sangasanga Safruddin kegiatan peringatan tahun ini (2013..red)  yang ke 66 tahun tidak akan jauh berbeda dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya, sejumlah kegiatan utama dipastikan akan digelar, yaitu perjalanan napak tilas, pameran pembangunan, tahlilan mendoakan para arwah pejuang, renungan suci dan sebagai puncak peringatan Peristiwa Merah Putih digelar Upacara Parade di lapangan Gelora Pantai Sangasanga.“Selain kegiatan utama, ada beberapa kegiatan lainnya yang akan digelar seperti lomba gerak jalan, jalan santai, dan gowes bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kukar. Kami berupaya peringatan tahun ini bisa meriah dari tahun lalu.“ ujar Safruddin.  (hmp02)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini314 pengunjung
Minggu Ini4.379 pengunjung
Bulan Ini16.116 pengunjung
Total Pengunjung180.943 pengunjung
Total Klik5.416.650 Kali