PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pj Sekda Kukar Hadiri Gerakan Indonesia Mandiri

Pemerintahan    2 tahun yang lalu   
   255 Kali

Sumber Foto: Pj Sekkab Kukar Sukrawardy (Pake Kopiah ) dan kepala BLHD Kukar M Alfian Noor saat menghadiri Rembuk Nasional Gerakan Indonesia Mandiri di Manado Sultra.

MANADO –Penjabat Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara H Sukhrawardy didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kukar Alfian Noor, menghadiri acara Rembug Nasional Gerakan Indonesia Mandiri bertema “Kemandirian Ekonomi Untuk Indonesia Maju” yang berlangsung di Grand Ballroom Hotel Four Points Manado Sulawesi Utara, Sabtu (27/10).  

Menurut Sukhrawardy rembug ini merupakan ajang diskusi dan evaluasi mengenai implementasi Gerakan Indonesia Mandiri yang dipimpin oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian). Kegiatan ini juga merupakan rangkaian Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono, yang dihadiri Gubernur, Bupati/Walikota , kepala dinas instansi terkaitr serta para pelaku ekonomi para pendidik se-Indonesia. 

Acara Rembug Nasional ini menghadirkan panelis dari kementerian dan akademisi yaitu Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono dan Akademisi dari Universitas Gadjah Mada Tony Prasetiantono, serta  seluruh Deputi di lingkup Kemenko Perekonomian.Sementara itu, Sekretaris Kemenko perekonomian, Susiwijono ketika membuka kegiatan ini mengatakan,  momentum ini harus kita kuatkan dengan menciptakan masyarakat yang mandiri secara ekonomi. Mental dan pola pikir masyarakat perlu diubah dari yang sederhana hanya pada pemenuhan kebutuhan menjadi memiliki jiwa wirausaha. Pemerintah  telah menjalankan berbagai kebijakan yang mendorong kemandirian masyarakat. Misalnya meningkatkan akses Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

“Sejak Januari 2018, suku bunga KUR efektif per tahun telah diturunkan menjadi 7 persen dari semula 9 persen. Selain itu, penyaluran KUR diprioritaskan ke sektor produksi seperti pertanian, perikanan, kehutanan dan perkebunan," katanya.Untuk sektor kehutanan, pemerintah mendorong kemandirian ekonomi melalui percepatan proses pengurusan dan pembagian izin hutan sosial sebagai bagian reforma agraria. Aset tersebut nantinya dapat digunakan rakyat sebagai modal menciptakan sumber ekonomi mandiri, produktif, dan berkelanjutan. Sedangkan langkah yang sudah terlaksana adalah penyederhanaan dan perpanjangan masa berlaku sistem verifikasi legalitas kayu (SVLK) untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pemberian subsidi biaya sertifikasi SVLK dan biaya penilikan (surveillance), serta pelatihan bagi UMKM. 

Pemerintah juga berupaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan dan pelatihan vokasi yang terstandarisasi. Kebijakan ini dituangkan dalam roadmap kebijakan pengembangan vokasi di Indonesia tahun 2017-2025.  Sebagai contoh, saat ini sudah dilaksanakan pilot project kurikulum SMK Kopi pertama di Indonesia. Pendidikan ini diharapkan akan menghasilkan SDM yang mumpuni dari hulu ke hilir dalam hal kopi, yang sangat relevan dengan tren di dunia. Pemerintah juga membangun infrastruktur seperti Proyek Strategis Nasional (PSN) maupun Non-PSN untuk meningkatkan konektivitas dan menurunkan biaya ekonomi. Di luar itu pemerintah membangun infrastruktur nonfisik seperti Kawasan Industri, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan menjalankan sistem perizinan terintegrasi (Online Single Submission). “OSS sudah memberikan pelayanan perizinan berusaha yang mengeluarkan satu identitas perizinan berusaha (NIB) dan satu format perizinan berusaha (Izin Usaha dan Izin Operasional/Komersial) secara elektronik, seluruh upaya ini juga merupakan langkah untuk mewujudkan Indonesia yang berdikari dan mandiri di sektor perekonomian," kata Susiwijono.(Medsi 04/Betty).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini42 pengunjung
Minggu Ini1.050 pengunjung
Bulan Ini4.775 pengunjung
Total Pengunjung75.504 pengunjung
Total Klik1.982.063 Kali