PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Plt Bupati Canangkan Kampung KB Ke 17 Di Muara Kaman Ilir

Pemerintahan    5 tahun yang lalu   
   441 Kali

Sumber Foto: Plt Bupati Edi Damansyah menyerahkan bantuan Alquran kepada para pengurus masjid di Muara Kaman dan menyerhakan asuransi bagi para nelayan di Muara Kaman.

TENGGARONG -Guna meningkatkan kualitas hidup manusia di tingkat kampung atau yang setara melalui program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), serta sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membentuk Kampung Keluarga Berencana (KB) di 18 kecamatan, hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (plt) Bupati Kukar Edi Damansyah pada acara Pencanganan  Kampung KB  di Desa Muara Kaman Ilir Kecamatan Muara Kaman, Senin (27/11/2017) lalu. 

Hadir pada acara tersebut Asisten I Chairil Anwar, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Armaenadi, Sekretaris Dinas Pendidikan Hifsy G Fachranas, Kabag Kesra Arsyad, Perwakilan dari BKKBN Kaltim Karlina, Anggota DPRD Kukar Kamarur Zaman, Kasdim 0906 Tenggarong Albert Inkiriwang serta Unsur Muspika Muara Kaman. Pencanangan Kampung KB di Desa Muara Kaman Ilir yang dinamakan Kampung KB Danau Lipan tersebut  merupakan Pencanangan Kampung KB ke 17 dari 18 kampung KB yang akan dibentuk. 

Lebih lanjut  Edi Damansyah mengatakan Kampung KB dibentuk sebagai salah satu upaya penguatan program kependudukan, keluarga berencana dan program keluarga, yang dikelola dan diselenggarakan dari oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB, karena dengan pelayanan total program KB dapat diwujudkan keluarga yang berkualitas.  

Dibentuknya Kampung KB juga bertujuan untuk meningkatkan peran pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam menyelenggarakan program kependudukan, juga untuk mencapai keluarga yang berkualitas. " Jadi peran pemerintah dalam hal ini, baik ditingkat kabupaten, kecamatan, muspika, kelurahan, lembaga non pemerintah, dunia usaha, kelompok - kelompok masyarakat sangat penting sekali dan dibutuhkan dalam turut serta mensukseskan program keluarga berencana ini" ujar Edi. 

Edi Damansyah berharap pencanangan Kampung KB menjadi momentum dan titik awal pergerakan seluruh pemangku kepentingan, dunia usaha serta seluruh masyarakat kecamatan Muara Kaman untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas. "Kami berharap kegiatan hari ini bukan hanya sekedar seremonial namun dapat membangun komitmen, kesadaran dan partisipasi masyarakat serta seluruh pemangku kepentingan untuk bersinergisitas guna terus mendorong peningkatan kualitas hidup keluarga yang berketahanan dan sejahtera" ujar Edi. 

Senada dengan Plt. Bupati kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Basri Hasan pembentukan kampung KB sebagai salah satu upaya pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga di Indonesia dan juga  sebagai salah satu upaya penguatan program kependudukan, keluarga berencana dan program keluarga. Dijelaskan Basri konsep dari program kampung KB yaitu memadukan program KB dengan program pembangunan, antara lain pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, dan infrastruktur.  

Sementara itu camat Muara Kaman Surya Agus berharap kampung KB desa Muara Kaman Ilir ini dapat terapkan juga di desa - desa yang lain diwilayah kecamatan Muara Kaman, karena program KB sangat penting dalam memfilter lajunya pertumbuhan penduduk.  Dalam pencanangan kampung KB tersebut juga dilaksanakan penyerahan asuransi bagi para nelayan di Muara Kaman dan penyerahan bantuan Alquran kepada para pengrus masjid di Muara Kaman oleh Plt Bupati. (Margini S Prasetya-medsi01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini254 pengunjung
Minggu Ini2.748 pengunjung
Bulan Ini10.510 pengunjung
Total Pengunjung255.733 pengunjung
Total Klik11.846.596 Kali