PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Polres Kukar Gandeng Forum RT

Pemerintahan    8 tahun yang lalu   
   1505 Kali

Sumber Foto: Bupati Rita Widyasari bersama Kapolres Kukar AKBP Abdul Karim saat menanda tanganikesepakatan kerjasama antara Polres Kukar – Forum RT.(joe)

TENGGARONG – Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Ketua RukunTetangga (RT) di 5 dari 18 Kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara makin bertambah. Setelah  dilakukan penanda tanganan kesepakatan kerjasama (MoU) antara Polres Kukar dengan Forum Ketua RT dalam hal cegah dini penangkalan kamtibmas. 

Penandatanganan MoU  antara Polres dan Forum Ketua RT itu dilakukan Kapolres Kukar AKBP Abdul Karim SIK dengan Bupati Kukar Rita Widyasari yang mewakili Forum RT dalam suatu upacara apel siaga yang digelar   di Tenggarong.  Dalam kesepakatan terdapat 19 item tugas Ketua RT  bersama Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babin Kamtibmas) Polres Kukar dalam hal cegah dini terhadap peristiwa kriminal maupun tindak pidana ringan lainnya hingga sosialisasi Kamtibmas  yang terjadi di lingkungan RT.  Diantaranya  membantu warga memperpanjang   SIM dan STNK, kemudian  melaporkan peristiwa Kecelakaan lalin,   pencurian hingga aksi demo mauoun premanisme.

Dalam kesempatan itu juga di sepakati kerjasama antara Polres  dengan 4 siaran radio swasta  di  Tenggarong. Kerjasama  pihak radio ini  selain   menyiarkan peristiwa kriminal juga peringatan agar   warga  waspada   gangguan kamtibmas.   Kaplores Kukar AKBP Abdul Karim mengatakan jika seorang anggotanya mengayomi 600 orang penduduk  Kukar. “Atau 1 anggota Polres mengkoper wilayah Kukar seluas 83 kilometer persegi,” ujarnya. 

Sehingga   mengamankan wilayah Kukar   tidak mungkin dapat dilakukan polisi secara maksimal. Diharapkan partisipasi masyarakat melalui Forum RT dapat meringankan tugas polisi.Dalam kesempatan itu Bupati Rita Widyasari menyerahkan  1 unit mobil patroli  untuk Polres Kukar yang diterima Direktur Lantas Polda Kaltim AKBP Rudi. Disaksikan Direktur Binmas Polda Kaltim dan Kepala Bidang Pembinaan Hukum Polda Kaltim serta unsur Forum Pimpinan Kabupaten lainnya.(hms-DI01)

 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini255 pengunjung
Minggu Ini3.066 pengunjung
Bulan Ini12.494 pengunjung
Total Pengunjung230.344 pengunjung
Total Klik10.104.479 Kali