PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Puluhan Ibu PKK Kecamatan Muara Jawa Ikuti Sosialisasi

Pemerintahan    12 tahun yang lalu   
Noviyanto Rahmadi    1009 Kali

Sumber Foto: Plt. Seketaris Kab. Kukar DR.Ir.H.M Aswin,MM Penyematan Tanda Peserta Bimtek BPD Kepada Peserta Yang Mewakili.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa H. Supeno S.Pd,MM dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan pelatihan dan Bimbingan Tekhnis ini adalah agar BPD dalam melaksanakan tugas, fungsinya dan menyusun Peraturan Desa serta Penyusunan APBD bisa sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Adapun peserta yang mengikuti Bimtek ini sebanyak 101 orang, dan khusus ketua yang baru terbentuk menurut Perda No. 8 Tahun 2006 dalam wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Lebih lanjut Supeno mengatakan Materi - Materi yang akan disampaikan pada Pelatihan dan Bimbingan Teknis adalah Kebijakan Umum Pemerintahan Daerah Kabupaten Kutai Karanegara, Tugas dan Fungsi BPD menurut Perda Nomor 8 Tahun 2006, Tata cara penyusunan APBDesa dan ADD, Tata cara Penyusunan dan Penetapasn Peraturan Desa dan Simulasi. Diharapkan dari pelatihan daqn Bimbingan Teknis adalah agar mengetahui dasar dasar dari penyusunan Pearaturan Dasa dan dan APBDesa serta ADD, agar mengetahui langkah-langkah yang diambil sebelum penyusunan dilakukan, memahami proses pengelolaan data, memahami proses penyusunan dan penetapan serta pengawasan peraturan desa dan APBDesa serta ADD, serta  memahami dan fungsi sebagai BPD.

Menanggapi Hal tersebut Plt Sekkab Kukar Dr.Ir. Aswin dalam Sambutannya menyambut gembira dengan adanya kegiatan pelatihan dan Bimtek ini karena melalui kegiatan ini akan terjadi peninggkatan pengetahuan bagi aparat desa dalam mengelola pemerintahan di desanya masing masing, sehingga BPD mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sehingga sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Tegas Aswin.

“ Berkaitan dengan Otonomi Desa, Pemerintahan Desa yang terdiri dari Kepala Desa dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) merupakan ujung tombak dari pelaksanaan tersebut, terutama dalam menyusun peraturan desa, APBDesa dan penentuan Alokasi Dana Desa (ADD).” Ujar Aswin

--foto2--Aswin Berharap agar mengikuti agar dapat mengikuti dengan sengguh sungguh sehingga dapat menyimak dengan baik semua materi, dengan demikian nantinya akan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada kita semua tentang bagaimana mengelola pemerintahan desa yang baik dan sesuai dengan peratuaran yang berlaku. Acara juga dirangkai dengan penyematan tanda peserta Bimtek BPD kepada dua orang peserta yang mewakili (HMP 06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini21 pengunjung
Minggu Ini1.072 pengunjung
Bulan Ini4.202 pengunjung
Total Pengunjung68.686 pengunjung
Total Klik1.766.181 Kali