PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Rita Berkomitmen Untuk Berantas Pungli

Pemerintahan    4 tahun yang lalu   
   659 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Rita Widyasari saat menghadiri acara arahan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, di Convention Hall Samarinda, Jumat (28/10).

TENGGARONG -Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari menegaskan bahwa dirinya sangat berkomitmen untuk mendukung pemberantasan pungutan liar (Pungli) di wilayahnya. Hal tersebut dikatakannya usai mengikuti arahan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, di Convention Hall Samarinda, Jumat (28/10).“Saya akan tegas kepada siapa saja yang melakukan pungli diwilayah saya, dan akan melakukan sapu bersih jika ditemui oknum yang melakukannya, ” tegas Rita

Ia juga meminta seluruh aparatur daerah baik dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten, untuk melaporkan jika ada oknum yang bermain dalam pengurusan  ijin dan sebagainya. Hal tersebut pernah diungkapkannya saat melantik 70 kepala desa se Kukar beberapa waktu lalu. “Laporkan kepada saya, jika ada oknum yang meminta uang atau lainnya dalam mempercepat pengurusan ijin atau lainnya,” ujar Rita.

Ia berharap jika seluruh aparatur pemerintah berkomitmen dalam pemberantasan pungli, maka pungli tidak akan tumbuh di wilayah Kukar. Ia juga menghimbau kepada masyarakat Kukar agar turut dalam program pemberantasan pungli, yaitu dengan cara tidak memberi sejumlah uang atau menjanjikan sesuatu kepada petugas, sebagai upaya  agar apa yang diurus cepat selesai. “Mari kita bekerjasama mulai dari hal yang kecil, dengan merubah kebiasaan kita,  dengan tidak memberikan sesatu agar urusan kita cepat selesai, walaupun itu diminta oleh oknum petugas,“ ujar Rita lagi. 

Sementara itu Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengatakan dalam upaya mendukung Program Nasional Pemberantasan Pungli, agar kabupaten/kota untuk segera membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih  (Satgas Saber) Pungli, dengan melibatkan Inspektorat wilayah daerah dimasing-masing kabupaten/kota.  Ia juga mengintruksikan agar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) maupun TNI dan Polri harus memiliki semangat yang sama dalam pemberantasan pungli di wilayahnya masing-masing.  

Menurut Gubernur Kaltim pungli sudah ada lama, bahkan terjadi disegala lapisan maupun lingkup kerja pemerintah  maupun TNI dan Polri. Ia berharap melalui komitmen bersama tersebut, Kaltim bisa bersih dari pungli, “Saya minta bupati dan walikota harus berani mengambil tindakan tegas,  apabila terjadi pungli diwilayahnya,” ujar Gubernur lagi.(Hmp03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini47 pengunjung
Minggu Ini1.055 pengunjung
Bulan Ini4.780 pengunjung
Total Pengunjung75.509 pengunjung
Total Klik1.982.215 Kali