PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Buka Acara Sosialisasi Program Satu Juta Domain id

Pemerintahan    4 tahun yang lalu   
   467 Kali

Sumber Foto: Sekda Kukar H Marli saat memberikan cindermata kepada Direktur e-busines Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Azhar Hasyim.

TENGGARONG –Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) H. Marli membuka acara sosialisasi program satu juta domain id, Indonesia go online yang diikuti oleh para pelaku UMKM/IKM yang ada di Kukar berlangsung di Hotel Grabd Fatma, Rabu (16/11). Acara dihadiri oleh Kepala Diskominfo Kukar H. Surip, Ketua Tim Penggerak PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah, General PT Telkom Indonesia tbk Witel Kaltim Tengah Fadmi dan Direktur e-busines Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Azhar Hasyim.

Dalam sambutan Direktur e-busines Kementerian Kominfo RI Azhar Hasyim mengatakan program pemberian domain id dari Kementerian Kominfo RI yang diperuntukan bagi UKM, sekolah, madrasah, pondok pesantren dan komunitas untuk mampu bertransaksi, berkomunikasi lewat internet dengan fokus website yang teredukasi. “Program 1 juta domain ini diberikan secara gratis selama 1 tahun kepada para pelaku UMKM yang meliputi pemberian nama domain, layanan sewa hosting atau penyimpanan data, template web sekaligus pendampingan penggunaan website,” katanya. 

Transaksi e-commerce Indonesia berkisar Rp. 200 triliun pertahun dan pada tahun 2020 ditargetkan akan mencapai USD 130 miliar setara Rp 1.850 triliun jika e-commerce dilakukan secara baik dan maksimal.  “Pemerintah ingin menciptakan pengusaha – pengusaha digital dan menciptakan aplikasi – aplikasi digital dengan target 2020 akan terciptanya 1000 orang pengusaha,”ujarnya.  Dia berharap target untuk mendorong UMKM untuk memasuki pemasaran online bisa mencapai target dalam melakukan transaksi e-commerce pada tahun 2020.   

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Kukar Rita Widyasari yang disampaikan H Marli mengatakan Pemkab Kukar melalui Gerbang Raja II akan terus melakukan perubahan secara bertahap dalam menata pemerintahan, terutama dalam melayani masyarakat. Perubahan yang terjadi sekarang adalah transformasi menuju era masyarakat informasi. Kenyataan telah menunjukan bahwa penggunaan media eletronik merupakan faktor yang sangat penting dalam semua kegiatan pemerintah. 

Jumlah UMKM/IKM yang terdata sebanyak 8.456, Pemkab Kukar melalui program Gerbang Raja II dari tahun 2011 hingga sekarang telah menggulirkan kredit lunak bagi 869 kelompok Usaha Bersama Perempuan (UBP), yang didistribusikan melalui BKBP3A, sebagian UMKM telah dilatih dipusat komunitas – komunitas kreatif yang dikelola oleh Diskominfo. 

Lebih lanjut tambahnya Keberadaan pusat komunitas kreatif digunakan untuk pelatihan IT bagi pelajar SMP hingga SMA setiap harinya.  Melalui program Gerbang Raja II secara bertahap akan membangun jaringan internet kesekolah, membangun kawasan IT park di Tanjung, pembangunan jaringan komunikasi data hingga ke desa. 

Ia mengucapkan terima kasih kepada Direktorat e-busines Kementerian Kominfo RI kepada Pemkab Kukar sebagai tempat penyelenggaraan sosialisasi program satu juta domain id bagi UMKM. Ia berharap jalinan kerjasama dapat terus berlanjut dan berkembang dengan fasilitas teknologi dalam promosi dan penjualan produknya. (Hmp06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini189 pengunjung
Minggu Ini1.902 pengunjung
Bulan Ini6.372 pengunjung
Total Pengunjung110.255 pengunjung
Total Klik2.881.433 Kali