PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Buka Bimtek Aplikasi Simda Barang Milik Daerah

Pemerintahan    1 tahun yang lalu   
   349 Kali

Sumber Foto: Sekda Kukar H Sunggono saat menyampaikan arahan pada pembukaan bimtek -Simda BMD yang digelar BPKAD Kukar.

TENGGARONG -Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) H H Sunggono membuka bimbingan teknis aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Barang Milik Daerah (BMD) 2.0.7.11 dan Sosialisasi Permendagri Nomor 108 Tahun 2016 yang diselenggaran oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kukar di Hotel Aston Samarinda, Rabu (30/10/2019).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 143 peserta dari 55 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kukar tersebut dilaksanakan selama dua hari sejak 30 hingga 31 Oktober 2019 dengan narasumber dari kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kaltim, dimana turut hadir pada kegiatan tersebut Plt Kepala BPKAD Kukar Sukotjo.

Kepala Bidang Aset Daerah H Ahmad Marisi mengatakan Bimtek tersebut dilaksanakan untuk memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan terbaru yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 108 tahun 2016 tentang penggolongan dan kodefikasi barang milik daerah yang merupakan pengganti peraturan sebelumnya Permendagri Nomor 17 Tahun 2007.

Tujuan dari pelaksanaan bimtek dan sosialisasi tersebut membantu perangkat daerah dalam menerapkan sistem pengelolaan barang milik daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, melakukan Penatausahaan barang menggunakan Simda BMD dan memahami alur pengelolaan barang milik daerah sebagai sarana komunikasi perangkat daerah, terkait permasalahan-permasalahan yang timbul dalam penatausahaan barang baik secara khusus maupun secara umum dimasing-masing perangkat daerah. "Kegiatan ini diikuti pengelolaan barang dari beberapa OPD dilingkungan Pemkab Kukar antaranya Pejabat penatausahaan pengguna barang, Pengurus barang pengguna, Pembantu pengurus barang pengguna dengan jumlah peserta sebanyak 143 orang," ucap H Ahmad Marisi.

Sementara itu, Sekda Kukar H Sunggono mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan tersebut, menurutnya apa yang nantinya dihasilkan oleh penatausahaan barang milik daerah dalam mendata barang milik daerah merupakan salah satu poin penting dalam penyampaian laporan daerah khususnya dibidang aset.

Sunggono berharap para peserta bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh sehingga kedepan dalam penyusunan laporan data aset milik daerah bisa dilaksanakan secara baik dan benar, karena menurutnya hasil dari data aset yang dibuat oleh para pejabat penatausahaan barang tersebut kedepannya menjadi rujukan pihak lain untuk memberikan penilaian khususnya dibidang aset. "Kepada kawan-kawan ikuti bimtek ini dengan sungguh-sungguh, kepada panitia berikan target khusus bagi kawan-kawan peserta sehingga terlihat hasil yang dicapai melalui bimtek ini," ucap H Sunggono.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut dirinya juga meminta pejabat berwenang untuk segera mendata aset daerah khususnya terkait tanah milik pemerintah namun belum memiliki sertifikat agar segera dilengkapi sehingga kedepan aset daerah tersebut terdata dengan baik. selain aset tanah dirinya juga meminta agar aset daerah lainnya berupa alat transportasi yang dalam kegunaannya sudah tidak lagi bermanfaat atau berada pada pihak ketiga agar segera dibuatkan berita acara hibah dan pemusnahan.

"Mana kala ada aset daerah khususnya aset dibidang tanah yang telah dikuasai pemerintah sejak lama namun belum tercatat secara administrasi segera dibuatkan sertifikat secepatnya sehingga kedepan tercatat dengan baik diaset daerah, untuk kendaraan yang keberadaannya ada pada pihak ketiga ataupun tidak lagi bisa dimanfaatkan buatkan berita acara hibah atau penghapusannya," ucap H Sunggono. (HendroAldino-Medsi08).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini41 pengunjung
Minggu Ini1.049 pengunjung
Bulan Ini4.774 pengunjung
Total Pengunjung75.503 pengunjung
Total Klik1.982.026 Kali