PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Buka Bimtek Sipades

Pemerintahan    2 tahun yang lalu   
   256 Kali

Sumber Foto: Sekretaris Daerah Kukar H Sunggono saat menyampaikan sambutan dalam Bimtek pengelolaan aset daerah berbasis aplikasi Sipades.

TENGGARONG –Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan aset daerah berbasis aplikasi Sipades (Sistem Pengelolaan Aset Desa) bagi Pemerintah Desa di Kukar.

Bimtek yang didukung dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Kutai Kartanegara itu di buka Sekretaris Daerah Kukar H Sunggono, di Hotel Singgasana Tenggarong, Jumat (25/10/2019) malam. Sunggono mengatakan, Kepala Desa sebagai pemegang kekuasaan pengelolaan kekayaan milik desa, dalam pelaksanaannya dapat melimpahkan sebagian kekuasaan penglolaan kekayaan milik desa tersebut kepada perangkat desa.

Untuk memudahkan pengelolaan aset desa tersebut, desa kini dibekali dengan suatu aplikasi Sipades. Perangkat lunak ini sendiri dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan Pemerintahan Desa melalui Direktorat fasilitas keuangan dan aset pemerintah desa. “Aplikasi tersebut dapat juga berfungsi sebagai alat untuk melakukan pengawasan , monitoring dan evaluasi bagi pemerintah daerah, dalam rangka melaksanakan fungsi – fungsi pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa dan aset desa,” ujarnya.

Dengan adanya aplikasi Sipades, akan membantu pemerintah desa dalam mengelola asetnya, khususnya dalam menertibkan kepemilikan aset desa, menertibkan penggunaannya agar lebih berdaya guna dan berhasil guna, membantu menyajikan laporan kekayaan desa dan kodefikasi aset desa sesuai perundangan berlaku.

Sunggono berharap 193 desa di Kukar bisa menerapkan aplikasi Sipades, mengingat pasal 116 ayat UU No 6 tahun 2014 tentang desa mengamanatkan paling lama 2 tahun sejak undang – undang ini berlaku, pemerintah daerah bersama pemerintahan desa melakukan inventaris aset dasa. Ia juga mengingatkan kepada seluruh peserta Bimtek untuk dapat mengikuti dan menyerap semua ilmu yang disampaikan oleh para nara sumber, yang nantinya akan diaplikasikan di pemerintahan desanya masing – masing.

Sementara itu Rektor Unikarta yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 Ince Raden mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kukar yang telah memberikan keprcayaan kepada Unikarta melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) untuk melaksanakan kegiatan ini dengan menghadirkan narasumber dari Mendagri khususnya dari Pemerintahan Desa, Bagian Keuangan Daerah, Inspektorat dan juga dari pemberdayaan masyarakat dan desa.

"Unikarta merasa bangga bisa diberikan keprcayaan seperti ini semoga kegiatan ini bisa terlaksanan dengan baik sehingga apa yang menjadi eksitensi keberadaan Unikarta bisa memberikan kontribusi terutama berkaitan dengan asfek bimbingan teknis yang dilaksanakan selama dua hari," ujarnya. Bimtek ditandai dengan pemukulan gong, dilanjutkan dengan pengalungan tanda peserta, serta penandatanganan pengkajian kerjasama Pemerintah Desa dengan LPPM Unikarta.(Yli-Medsi03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini63 pengunjung
Minggu Ini2.940 pengunjung
Bulan Ini11.803 pengunjung
Total Pengunjung210.888 pengunjung
Total Klik9.133.764 Kali