PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Buka Rakor KKBPK se Kukar

Pemerintahan    1 tahun yang lalu   
   340 Kali

Sumber Foto: Sekda Kukar Sunggono, saat menyampaikan paparannya dihadapan peserta Rakor KKBPK 2019.

TENGGARONG -Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) 2019, di ruang serbaguna Bappeda Kukar, Rabu (19/6).

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kukar itu, dirangkai pengukuhan pengurus Perkumpulan Juang Kencana Komisariat (PJK) Kabupaten Kukar periode 2019-2022. Serta pemberian penghargaan kepada Petugas Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PPLKB) dan pembina Kampung KB di Kabupaten Kukar. Serta penandatanganan perjanjian kerjasama antara DP2KB dengan Dinas Keshatan (Dinkes) Kabupaten Kukar.

Sunggono dalam paparanya dengan tema Sinergitas Pemkab Kukar dalam Mendukung program KKBPK mengatakan, tindaklanjut Kegiatan Pelaksanaan Kampung KB, yaitu mengoptimalkan Kelompok Kerja Kampung KB Kabupaten dalam menyusun desain konsep kerja yang sinergi dan terintegrasi. Kemudian, mengintegrasikan target dan indikator Kampung KB sebagai bagian dari perubahan rencana strategis 2016 – 2021, dan mendetailkan pada rencana kerja Perangkat Daerah periode Perencanaan 2019 – 2021 sebagai support system pencapaian tujuan pelaksanaan Kampung KB di Kukar.

Selain itu, Pemkab Kukar juga menjadikan Kampung KB sebagai bagian dari prioritas pembangunan Kukar dalam pendekatan Integrasi Pembangunan Kewilayahan dan Sektoral. pemkab Kukar melakukan evaluasi dan pengendalian pelaksanaan Kampung KB minimal per semester memalui rapat koordinasi lintas sektor yang dilaksanakan secara efektif dan efisien.

"Kami juga mendorong seluruh perusahaan di Kukar agar dapat mengintregrasikan Program dan Kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) dalam pencapaian Kampug KB yang termasuk dalam wilayah kerjanya yang dikoordinasikan melalui Bappeda dan Forum Komunikasi TJSP," ujar Sunggono.

Rakor tersebut diikuti para Camata, PPLKB, Pembina Kampong KB serta pensiunan kepala dan penyuluh KB dilingkungan Pemkab Kukar. Sementara, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim, Eli Kusnaeli mengatakan mengapresiasi kegiatan ini dalam rangka menguatan sinergitas dan komitmen para pemangku kepentingan dan mitra kerja di seluruh tingkat wilayah terhadap pengelolaan dan pelaksanaan program KKBPK.

Hingga saat ini total Kampung KB yang telah dicanangkan Kabupaten Kukar telah mencapai 37 Kampung KB. Begitu pula untuk prestasi terkait program KKBPK 2018 Kabupaten Kukar memiliki prestasi nasional yakni Terbaik II Bidan Praktek Mandiri dalam Pelayanan KB LJB II yang diraih Bidan Masitah.

Menurut Eli, laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) dan angka kelahiran di Kaltim telah berhasil di kendalikan dengan baik melalui program KKBPK. Melalui Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) pada 2017 angka kelahiran di Kaltim mencapai 2,7 juta dan pada 2012 naik menjadi 2,8 juta sehingga perlu bekerja sama lebih keras lagi untuk mencapai Penduduk Tumbuh Seimbang (TFR 2,1). Secara cerdas untuk dapat melaksanakan program KKBPK dengan sebaik-baiknya supaya kenaikan jumlah penduduk dapat di kendalikan dan kesejahteraan masyarakat dapat di tingkatkan.

Dalam menghadapi bonus Demografi, lanjut Eli pada 2019-2020, dimana diperkirakan akan terjadi di Kaltim, dimana penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan mencapai puncaknya sebesar 69,70% dan diprediksi mendahului nasional. Sebagaimana rumusan hasil Rakernas yang didapatkan, struktur umur penduduk yang menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi tersebut harus dijaga agar dapat dimaksimalkan untuk membangunan ekonomi di Kaltim, termasuk di Kabupaten Kukar.

"Peningkatan kualitas SDM harus dilakukan, terutama difokuskan pada sektor Pendidikan dan Kesehatan dengan meningkatkan kualitas tenaga kerja lewat pendidikan, memberikan peluang gender, sehingga perempuan mendapat kesempatan yang sama dalam pembangunan ekonomi. Menambah peluang lapangan kerja serta Mengendalikan angka kelahiran," ujar Eli.(Abdul Rahman/Medsi05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini76 pengunjung
Minggu Ini1.092 pengunjung
Bulan Ini4.777 pengunjung
Total Pengunjung75.369 pengunjung
Total Klik1.978.859 Kali