PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Kukar Buka Sosialisasi LHKASN

Pemerintahan    1 tahun yang lalu   
   312 Kali

Sumber Foto: Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara H Sunggono membuka Sosialisasi penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) dan bimbingan teknis tata cara pengisian E-LHKASN bagi Aparatur Sipil Negara.

TENGGARONG -Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara H Sunggono membuka Sosialisasi penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) dan bimbingan teknis tata cara pengisian E-LHKASN bagi Aparatur Sipil Negara, Kamis (24/10) di Hotel Grand Fatma Tenggarong.

Acara tersebut di hadiri oleh Plt Kepala Inspektorat Kukar Ilmiansyah, kemudian Rita Mulyani dan Dewi Suprianti selaku narasumber dari Inspektorat Kaltim dan juga 200 orang perwakilan dari Sekretariat daerah, Badan, Dinas, kantor dan Kecamatan sebagai peserta. Dalam arahanya Sunggono mengatakan transparansi dan akuntabilitas merupajan element penting bagi penyelenggara negara untuk melaksanakan tugas melayani masyarakat.

Tuntunan reformasi birokrasi yang terus bergulir, menurut Sunggono salah satu sasaran utamanya dalah mewujudkan Apararur pemerintah yang bersih bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Untuk itu tambah Sunggono, dalam rangkaian mewujudkan aparatur pemerintah yang bersih, maka diperlukan berbagai upaya baik yang bersifat edukatif, pengawasan maupun pengembangan sistem deteksi dini bagi aparatur pemerintah khususnya para ASN di lingkup pemerintah Kukar, agar terhindar dari tindakan-tindakan yang patut diduga sebagai tindakan pidana.

Ia berharap melalui ketaatan penyampaian laporan harta kekayaan bagi para ASN dapat mendeteksi konflik kepentingan secara tepat antara tugas-tugas publik dan kepentingan pribadi, serta menguji integritas ASN sebagai penyelengara negara sehingga ada kesadaran dan tanggung jawab termasuk di dalamnya hak-hak yang diperoleh berkenaan dengan jabatan yang diemban.

Sunggono meminta kepada seluruh peserta agar dapat menyampaikan secara berjenjang dilingkungan perangkat daerah masing-masing dalam melaporkan harta kekayaan, sebagai wujud dan komitmen menciptakan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel, sebagai komitmen moral dalam mewujudkan Good Governace. "Saya harap para ASN bisa melaporkan harta kekayaanya karena kedepan seluruh transaksi keuangan ASN akan termonitor dengan baik di Otoritas Jasa Keuangan, jadi jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," harap Sunggono.

Sunggono meminta kepada seluruh peserta untuk memahami dan mencermati materi yang diberikan narasumber dan kepada Inspektorat dapat melaksanakan tugas sesuai dengan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara No 1 tahun 2015 untuk melaksanakan monitoring, Koordinasi, Verifikasi dan Klasifikasi atas penyampaian LHK dan penyampaian laporan setiap tahunya. sementara itu Plt Kepala Inspektorat Kukar Ilmiansyah mengatakan bahwa maksud dari sosialisasi itu adalah untuk memberikan pemahaman dan memfasilitasi ASN di lingkup Pemkab Kukar dalam penyampaian LHKASN kepada instansi terkait. Selain itu tujuan kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 24-25 Oktober 2019 itu untuk meningkatkan kepatuhan bagi ASN di Lingkup Pemkab Kukar, dalam menyampaikan laporan harta kekayaannya. (Yuliati-medsi 03)*


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini81 pengunjung
Minggu Ini1.264 pengunjung
Bulan Ini5.485 pengunjung
Total Pengunjung102.751 pengunjung
Total Klik2.708.566 Kali