PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Minta Pemindahan Pasar Lama Segera Dilakukan

Pemerintahan    4 tahun yang lalu   
   466 Kali

Sumber Foto: Sekda Kukar H Marli saat memimpin persiapan pemindahan pasar lama ke pasar Mangkaurawang.

TENGGARONG -Sekda Kutai Kartanegara (Kukar) H Marli kembali mengumpulkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk perwakilan para pedagang dan pengelola pasar swadaya masyarakat, terkait rencana pemindahan pedagang yang masih ada di pasar lama Tangga Arung ke pasar tradisional Mangkurawang, di Ruang Rapat Sekda, Kamis (26/1/2017). Dalam pertemuan itu, Marli meminta agar apa yang sudah menjadi komitmen bersama dalam pemindahan pasar ini harus segera terealisasi. "Bupati Kukar Rita Widyasari meminta agar sisa pedagang yang berada di pasar lama segera dipindahkan ke pasar Mangkurawang," katanya.
 
Dijelaskan Marli, dari data pedagang yang masih tersisa di pasar lama sekitar 243 pedagang. Pemindahannya akan dilakukan di pasar swakelola masyarakat yang sudah dibangun dikawasan pasar Mangkurawang. "Dari 243 pedagang itu 200 petak diantaranya sudah disiapkan, dan masih ada kekurangan 43 petak dan ini akan segera diselesaikan oleh pihak pengelola untuk dibangunkan lagi dengan jangka waktu 15 hari kedepan," ujarnya.
 
Hal senada disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan H Surip bahwa petak yang sudah dibangun dikawasan pasar Mangkurawang berjumlah 200 petak dan sisanya akan dikerjakan dalam jangka waktu 15 hari kedepan. "Hanya saja biaya retribusi dan biaya pinjam sewa yang dibebankan kepada para pedagang dengan pihak pengelola pasar swadaya masyarakat ini masih dalam pembahasan," katanya.
 
Akan tetapi jelas Surip seperti apa yang diutarakan Bagian Perekonomian Setkab Kukar bahwa, besaran biaya ini jangan sampai melebihi dari retribusi pasar yang dikelola pemerintah, sehingga tidak menimbulkan kecemburuan akan retribusi. "Penetapan retribusi ini masih dibahas dan nantinya akan ditetapkan melalui keputusan daerah, tentunya semangat perjanjian sewa menyewa antara pemilik lahan dengan pihak pedagang tidak harus tinggi dengan petak yang dikelola oleh pemerintah supaya ada keadilan disitu," jelas Surip. (mesi01)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini80 pengunjung
Minggu Ini1.109 pengunjung
Bulan Ini4.714 pengunjung
Total Pengunjung75.208 pengunjung
Total Klik1.974.774 Kali