PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Semangat Juang Pahlawan Harus diteruskan

Pemerintahan    4 tahun yang lalu   
   429 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Rita Widyasari saat hadir pada pelaksanaan peringatan merah putih Pejuang Sanga-sanga.

TENGGARONG -Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal memimpin upacara peringatan Peristiwa Perjuangan Merah Putih Sanga-sanga ke-70 yang berlangsung khidmat di Lapangan Bola Pertamina Sangasanga, Jumat (27/1/2017). Peringatan itu turut dihadiri Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari, Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah, Ketua DPRD Kukar H Salehuddin S.Fil serta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk sejumlah Forum Koodrinasi Perangkat Daerah
Provinsi Kaltim lainnya.
 
Wakil Gubernur Mukmin Faisal dalam sambutannya, mengajak kepada seluruh masyarakat Kaltim khususnya warga Sanga-sanga untuk bersama-sama mengenang peristiwa perjuangan para pahlawan merah putih Sanga-sanga. "Para pejuang kita dengan gagah berani mengusir para penjajah, dan telah menorehkan sejarah tinta emas yang akan selalu dikenang. Kita doakan semoga arwah para pahlawan diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa," katanya.
 
Mukmin juga mengajak kepada generasi muda penerus bangsa, agar apa yang dilakukan parapejuang terdahulu menjadi contoh semangat patriotisme untuk terus berkarya membangun daerah. "Saya mengajak kepada semua masyarakat termasuk para pemuda-pemudi agar terus menjadikan peristiwa ini sebagai sejarah yang tak pernah terkikis, dan kita tularkan semangat juang dalam membangun daerah menuju masyarakat yang adil dan sejahtera," ujarnya.
 
Diketahui, dalam sejarahnya para pejuang kemerdekaan Sanga-sanga tergabung dalam Badan Pembela Republik Indonesia (BPRI) yang bahu membahu bersama rakyat untuk mempertahankan Sanga-sanga dari gempuran penjajah Belanda, yang ingin menguasai kembali Sanga-sanga dan kekayaan yang ada didalamnya. Peristiwa heroic yang terjadi pada tanggal 27 Januari 1947 tersebut telah banyak memakan korban jiwa dan harta dari rakyat Sanga-sanga. Peristiwa ini setiap tahun selalu diperingati sampai sekarang yang dikenal dengan Peristiwa Perjuangan Merah Putih Sanga-sanga.(mesi01)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini41 pengunjung
Minggu Ini1.049 pengunjung
Bulan Ini4.617 pengunjung
Total Pengunjung74.898 pengunjung
Total Klik1.964.248 Kali