PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sitaswil, Inovasi Baru Pelayanan Informasi

Pemerintahan    4 tahun yang lalu   
   1163 Kali

Sumber Foto: Kepala Sub Bagian Tata Pemerintahan Bagian Administrasi Pemerintahan Setkab Kukar, Yani Wardhana (by hayru).

TENGARONG -Tugas aparatur pemerintah diantaranya yaitu memberikan pelayanan, baik kepada masyarakat maupun pelayanan administratif kepada lembaga daearah.  Berbagai terobosan dalam hal memberikan pelayanan pun dibuat, salah satu bentuk inovasi pelayanan terbaru di Kutai Kartanegara (Kukar) adalah, dalam hal memberikan informasi batas wilayah. Inovasi tersebut dibuat oleh Kepala Sub Bagian Tata Pemerintahan Bagian Administrasi Pemerintahan Setkab Kukar, Yani Wardhana, yang mencetuskan sistem informasi berbasis Information Technology (IT) dinamakan Sistem Informasi Batas Wilayah (Sitaswil).

Yani mengatakan, Sitaswil sangat penting dalam penyediaan data dan informasi batas wilayah di Kukar. Sitaswil berisikan data dan informasi tentang segment maupun ruas batas wilayah antar desa/kelurahan dalam wilayah kecamatan, antar kecamatan, dan antar kabupaten dengan kabupaten/kota lainnya. "Sistem informasi ini diharapkan berdampak pada proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, terukur sesuai prinsip Good Governance (tatakelola pemerintahan yang baik," ujarnya, Jumat (7/10).

Yani mengatakan latar belakang munculnya Sitaswil itu, saat dirinya dalam tahap akhir mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat Pim), yaitu dengan tugas membuat inovasi atau laporan proyek perubahan. Sehingga sesuai tugas pokok dan fungsinya sebagai Kepala Sub Bagian Tata Pemerintahan, Yani membaca terdapat kekurangan yang menjadi isu aktual, yaitu dalam hal Pelaporan dan informasi publik yang belum akuntabel khususnya pada urusan Penataan Batas Wilayah. Dikatakannya, hal itu disebabkan karena belum tersusun dan tersajinya informasi dan laporan urusan penataan batas wilayah yang cepat dan mutakhir secara berkala, dan sistem administrasi dan dokumentasi data urusan penataan batas wilayah yang belum tertata secara baik. Serta belum adanya sistem aplikasi IT untuk memudahkan penyajian dan pemutakhiran informasi dan laporan urusan penataan batas wilayah.
   
Selanjutnya berdasarkan hasil konsultasi dan koordinasi dengan atasan langsung (Kabag Administrasi Pemerintahan, Sunggono) dan pelatih, disepakati adalah tersedianya Sitaswil berbasis aplikasi IT. Sejak diimplementasikan mulai Juli 2015 lalu, Yani mengatakan Sitaswil saat ini telah dapat diakses melalui website sitaswil.kutaikartanegarakab.go.id, dengan mengisi user: guest, dan password: tapem, pengunjung dapat melihat informasi batas wilayah, desa/kelurahan, kecamatan, dan Kukar.

Adapun isi dari aplikasi Sitaswil diantaranya, Perkembangan Batas Daerah Kukar, batas wilayah Kecamatan di Kukar, batas wilayah Desa/Kelurahan. Kemudian peta wilayah dan batas Kukar dengan kota lain, peta batas wilayah Kecamatan hingga desa di Kukar. Tak hanya itu, Sitaswil juga memuat Surat Keputusan Bupati tentang Batas Kecamatan dan Desa/kelurahan Kukar. "Informasi yang ditampilkan Sitaswil tersebut dapat di print oleh siapa saja yang membutuhkannya," ujarnya. Selian itu, para pimpinan dalam hal ini Kepala Bagian, maupun para atasan lainnya dapat melihat kronologis pelacakan atau fasilitasi batas wilayah apabila diperlukan.   

Sehingga dikatakan Yani, Sitaswil telah dapat memberikan informasi dan penyajian pelaporan terkait Penataan Wilayah dengan cepat dan mutakhir secara berkala, sesuai kebutuhan dimana hal ini akan berdampak pada peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi. Kemudian, Sitaswil memudahkan proses administrasi dan dokumentasi informasi serta pelaporan sehingga data dan informasi urusan Penataan Wilayah menjadi tertata secara baik dalam bentuk databasevdan mendorong setiap Aparatur untuk bekerja lebih aktif, jelas, efektif, efisien dan terukur. "Dengan berbasis online, Sitaswil pada tahapan jangka panjang akan memberikan informasi kepada publik yang akan berdampak pada meningkatnya kualitas pelayanan publik," ujarnya. (hmp02)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini88 pengunjung
Minggu Ini1.098 pengunjung
Bulan Ini4.649 pengunjung
Total Pengunjung75.050 pengunjung
Total Klik1.970.257 Kali